Seni Batik Semarang

0 202

Seni Batik Semarang

Seni batik Semarang yang sudah berkembang memiliki suatu yang unik kebanyakan ditemukan pada seniman batik di wilayah Semarang. Para seniman batik di kota ini banyak yang menggunakan alat canting elektrik. Canting elektrik ini adalah sebuah pengembangan yang dilakukan oleh para pembuat batik untuk mempermudah proses membatik dengan menggunakan canting. Penggunaan canting elektrik ini adalah dengan menghubungkan canting ini ke listrik dan kemudian potongan dari lilin malam akan dimasukkan ke dalam tempat pada canting elektrik tersebut. Pada wadah pada canting elektrik ini, lilin malam akan mencair dengan sendirinya karena panas yang dihasilkan oleh listrik pada canting tersebut.

Seni batik di Kota Semarang memang baru kembali berkembang beberapa tahun terakhir ini namun para seniman batik di kota ini telah berhasil memperoleh paten untuk banyak motif yang mereka buat diantaranya adalah Motif Batik Kuliner Tahu Gimbal, Motif Batik Kuliner Dlorong Asem Baris, Motif Batik Legenda Banyumanik, Motif Batik Merak Bertengger, Motif Batik Pesona Tugu Muda, Motif Batik Merak Puspa Rukmu, Motif Batik Legenda Sendang Mulyo dan masih banyak lagi motif batik khas dari kota Semarang ini. Penelitian terhadap motif batik Semarang ini telah banyak dilakukan karena motif batik dari daerah ini sangat unik dan juga khas.

Motif Batik Semarang ini menurut Lee Chor Lin merupakan motif batik yang dalam beberapa hal terlihat menggunakan gaya batik laseman dengan karakter utama laseman yang menggunakan warna merah dan pada bagian latar memiliki warna gading. Sementara menurut peneliti lain, yaitu Maria Wonska-Friend, motif batik yang berasal dari daerah semarang ini memiliki ciri motif dan pola yang berupa bentuk tumbuhan dan dalam berbagai segi dan juga sisi sangat mirip dengan motif batik yang berasal dari daerah Laseman. Motif batik yang berkembang di daerah Semarang ini diperkirakan merupakan motif batik yang gabungan antara Motif Batik Lasem dan juga Motif Batik Semarang.

Source Seni Batik Semarang Batik
Comments
Loading...