Seni Batik Salem

0 132

Seni Batik Salem

Seni Batik Salem bermula ketika seorang putri yang berasal dari Kota Pekalongan menikah dengan pemuda berasal dari Desa Salem. Seni Batik Salem telah menjadi nafas di desa tersebut dan juga di desa sekitarnya. Batik Salem merupakan suatu kesenian yang diwariskan secara turun temurun oleh masyarakat desa ini. Cucu dari putri yang berasal dari Pekalongan itu salah satunya bernama Ibu Ratminah yang saat ini masih aktif membuat batik dalam kehidupan nya setiap hari. Ibu Ratminah merupakan salah satu pengusaha batik yang terbesar di desa tersebut. Selain itu Ratminah, seniman batik di seluruh wilayah Kecamatan Salem ini telah mencapai jumlah sekitar tiga ratus empat puluh orang yang tersebar di desa Bentar dan juga di desa Bentarsari.

Keterampilan untuk membuat batik di daerah ini sangat dikuasai oleh para wanita, terutama ibu rumah tangga dan juga pelajar wanita. Produksi batik di daerah Salem memang masih belum sebesar di wilayah Jogja, Pekalongan dan Solo. Para seniman batik di wilayah Salem masih membuat batik sebagai pekerjaan sambil lalu di kala mereka sedang santai. Pekerjaan membuat batik ini dikerjakan setelah para ibu tersebut selesai mengurus rumah dan juga ada yang melakukan nya sambil menjaga warung. Walaupun batik di wilayah ini dibuat secara sambil lalu, namun kualitas dari batik salem ini tidak kalah dengan produksi batik daerah lain.

Batik Salem ini pernah mendapatkan pengakuan sebagai batik yang paling asli dari semua jenis batik. Pengakuan tersebut adalah kain batik yang dibuat oleh masyarakat Salem masih seluruhnya dikerjakan oleh tangan manusia. Justru karena proses pembuatan nya yang santai ini membuat kain batik Salem dibuat dengan sangat teliti dan tidak diburu oleh waktu. Hal ini lah yang tidak ditemui dalam industri batik di wilayah lain. Para produsen batik di wilayah lain telah mengerjakan batik dengan banyak bantuan karena dianggap cara tradisional sangat menyita waktu dan tidak efektif. Batik yang dibuat dengan cara tulis jika dibandingkan dengan batik cap memang memiliki banyak kelebihan diantaranya adalah hasil karya batik tulis akan terlihat lebih artistik.

Source Seni Batik Salem Batik
Comments
Loading...