Seni Batik Probolinggo

0 171

Seni Batik Probolinggo

Motif batik yang ada pada permukaan kain saat ini dapat terlihat dari mana kain batik tersebut berasal. Seni batik yang ada di Kabupaten Probolinggo tidak ada data yang pasti sejak kapan seni membuat batik di kota ini dimulai. Beberapa orang pernah memperkirakan seni batik di daerah ini telah ada di tahun 1883. Hal ini dapat terlihat dari pameran batik yang berasal dari Probolinggo yang dilakukan di kota Amsterdam Belanda. Pada pameran tersebut terdapat total 150 jenis Motif Batik Kuno dari kota Probolonggo. Seni batik di kota ini mulai kembali berkembang beberapa tahun terakhir ini dan banyak pengusaha batik yang mulai lagi membuat batik pada era tahun 2008.

Peningkatan permintaan dan juga minat masyarakat luas terhadap batik membuat industri ini menjadi sebuah industri yang menarik untuk dijalani. Hal ini lah yang membuat banyak pengusaha kemudian mulai kembali atau memulai bisnis baju batik di kota Probolinggo. Motif batik yang khas dari kota ini memiliki beberapa unsur yang alami yaitu unsur bayu, unsur angin, kemudian ada juga anggur dan mangga. Hal ini membuat batik dari Kota Probolinggo memiliki ciri yang khas dan berbeda dengan batik kota lainnya.

Batik yang dibuat oleh masyarakat Kota Probolinggo ini dibuat dengan cara tradisional dan juga merupakan jenis batik tulis yang menggunakan Motif Batik Alami. Buah mangga dan juga buah anggur merupakan salah satu motif batik yang menjadi ciri khas dari kota ini. Sehingga motif batik ini dikenal dengan sebutan motif batik bayuangga, yang merupakan singkatan dari bayu, angin, anggur dan juga mangga. Motif ini merupakan motif batik yang memperlihatkan berbagai macam hal yang identik dengan kota Probolinggo. Kota ini sangat dikenal secara luas sebagai penghasil mangga dan juga anggur yang enak. Kedua komponen ini kemudian menjadikan motif batik dari kota ini sangat unik dan juga khas.

Source Seni Batik Probolinggo Batik
Comments
Loading...