Seni Batik Petani

0 77

Seni Batik Petani

Seni pembuatan batik yang sudah berkembang cukup lama sekali dan menciptakan berbagai macam motif batik telah tercipta di bumi Indonesia ini dan salah satu motif batik yang banyak dibuat oleh para masyarakat Indonesia pada masa lalu adalah motif baju batik petani.  Motif Batik Petani ini telah ada di dalam kehidupan masyarakat Jawa, hal ini disebabkan  karena keindahan dari motif batik ini memang menarik. Keterbatasan akan motif batik yang boleh dipakai oleh masyarakat luas membuat para petani ini membuat motif baju batik yang dapat mereka pakai. Dari hasil pembuatan motif batik yang mereka lakukan ini kemudian dikenal sebagai motif batik petani.

Pembuatan Motif Batik yang dilakukan oleh para ibu pada umumnya dilakukan secara sambil lalu dan bukan merupakan kegiatan utama mereka. Motif Batik Petani ini dibuat kala mereka sedang senggang dan memiliki waktu luang dalam menggarap sawah. Pekerjaan membuat batik yang secara sambil lalu ini pada umumnya menghasilkan jenis Motif Batik yang bersifat sederhana dan tidak memiliki bentuk dan desain yang rumit. Motif Batik Petani ini pada awalnya merupakan Motif Batik Keraton yang dilakukan modifikasi oleh mereka sehingga menjadi batik yang tidak dilarang dalam hal pemakaian nya. Motif Batik Petani ini dikerjakan secara sambilan dan dalam hal pemberian warna juga tidak mereka lakukan sendiri namun diserahkan kepada pada pengusaha yang menjual bahan warna.

Motif Batik Petani ini adalah jenis motif batik yang sederhana karena tidak dilakukan secara profesional dan pada umumnya para pembuat motif batik ini adalah para ibu yang tidak memiliki keahlian secara khusus dalam hal pembuatan batik. Motif Batik yang mereka buat memang sederhana namun tetap memiliki ciri khas dan telah memberikan warna yang baik bagi perkembangan Motif Batik di Indonesia. Pada umumnya masyarakat Jawa pada zaman dahulu merupakan para petani yang bekerja di sawah sehingga pengerjaan motif batik ini memang bukan pekerjaan utama mereka. Walaupun begitu Motif Batik Petani ini pernah menjadi sangat terkenal terutama di beberapa daerah di pulau jawa seperti di daerah Klaten, Bantul, Imogiri dan juga di wilayah Tuban dan juga Tulungagung. Motif Batik Petani ini seiring dengan waktu mulai berkembang dari motif yang bersumber dari Pola Batik Keraton ini terus berkembang dan tercipta berbagai macam Motif Batik baru.

Source Seni Batik Petani Batik
Comments
Loading...