Seni Batik Pasuruan

0 352

Seni Batik Pasuruan

Seni batik di daerah Pasuruan telah ada sejak lama namun beberapa puluh tahun yang lalu pembuatan batik di daerah ini mengalami kemunduran. Seni membuat batik baru mulai lagi berkembang pada tahun seribu sembilan ratus sembilan puluh sembilan. Sejak saat ini industri batik mulai muncul dan berkembang hingga saat ini para pembuat dan juga seniman batik di wilayah ini telah mencapai jumlah 60 orang. Para pembuat batik di wilayah ini tersebar di beberapa daerah kabupaten Pasuruan mulai dari kelurahan Bugul Kidul dan juga Tambakrejo.

Untuk melakukan wisata batik, juga dapat mengunjungi desa wisata batik yang terletak di Desa Jagil yang berada dalam Kecamatan Prigen. Bandingkan dengan daerah lain yang juga membuat batik, daerah ini dapat disebut masih cukup tertinggal dalam seni pembuatan motif batiknya. Motif batik dari daerah ini masih perlu peningkatan dalam hal promosi untuk lebih dikenal secara lebih luas lagi. Saat ini untuk lebih memperkenalkan dan juga membuat batik daerah ini lebih dikenal para seniman batik membuat motif batik yang menggunakan keindahan alam dari wilayah ini.

Motif batik yang memperlihatkan keindahan alam kota ini diantaranya adalah Motif Batik Sedap Malam, Motif Batik Jumputan Bromo, dan juga Motif Batik Bunga Krisan. Pemberian nama motif batik ini sangat dipilih dengan baik sehingga dapat membuat kesan yang unik dan juga mewakili motif baju batik nya yang indah. Motif Batik Jumputan Pasir Bromo merupakan motif batik yang ide nya berasal dari keindahan gunung bromo yang sudah sangat terkenal sebagai sebuah objek wisata. Pemilihan nama ini diharapkan dapat menimbulkan rasa penasaran dari masyarakat yang suka akan batik dan kemudian mau membeli dan menjadikan batik daerah ini menjadi koleksi mereka.

Source Seni Batik Pasuruan Batik
Comments
Loading...