Seni Batik Malang

0 196

Seni Batik Malang

Kota Malang memiliki motif batik yang sangat indah dan dikenal dengan sebutan Batik Malangan. Motif batik dari daerah ini memang masih belum seperti batik dari kota lain yang telah lebih dahulu dikenal masyarakat, walaupun belum terkenal namun motif baju batik dari kota ini memiliki keindahan tersendiri dan juga tidak kalah jika kita bandingkan dengan pola dan juga bentuk motif batik dari kota lain.

Motif Batik Malang memiliki bentuk dan juga pola yang unik. Seni Batik Malang sebenarnya telah ada sejak zaman kerajaan masih berkuasa di daerah ini. Pada masa kerajaan Kanjuruhan ataupun juga kerajaan Singosari merupakan kerajaan yang telah mengenal dan memiliki motif batik yang khas dari daerah mereka. Namun seni batik di masa kerajaan ini tidak terlalu dikenal secara luas karena pada masa itu kerajaan di daerah ini lebih mementingkan ilmu bela diri dan juga ilmu kanuragan untuk menjaga kekuasaan mereka dan juga menjaga perdamaian di daerah kerajaan tersebut.

Motif Batik Malang bermula dari batik khas yang ada di wilayah pedalaman. Pada masa dahulu busana dan juga batik yang ada di daerah ini merupakan pakaian resmi dalam berbagai macam upacara adat yang ada di dalam masyarakat daerah ini. Salah satu motif batik nya adalah Motif Batik Sidomukti Malang yang memiliki bentuk ragam hias dengan bentuk kotak putih dan pada bagian tengah dari kota tersebut disebut dengan nama Modhang Koro. Motif batik ini biasa dipakai sebagai ikat kepala untuk kaum lelaki dan sebagai sewek untuk kaum wanita. Batik ini dipakai oleh semua kalangan masyarakat dalam melakukan upacara adat.

Source Seni Batik Malang Batik
Comments
Loading...