Seni Batik Majalengka

0 47

Seni Batik Majalengka

Saat ini kabupaten Majalengka juga telah memiliki motif  batik yang menjadi ciri khas mereka. Para masyarakat dan seniman batik di kota ini berusaha untuk membuat motif  batik yang dapat memperlihatkan ciri dan juga budaya lokal yang mereka miliki pada permukaan kain batik. Batik yang berkembang di daerah Majalengka ini pada awalnya adalah dipelopori oleh seorang seniman bordir yang bernama Hery Suhersono. Beliau menciptakan motif batik yang khas dari Majalengka ini yang sumber ide nya beliau peroleh dari keindahan alam kabupaten ini.

Motif yang dikembangkan adalah motif batik yang memperlihatkan berbagai macam bentuk hewan dan tumbuhan selain itu ada juga motif yang menggunakan bentuk peninggalan sejarah majalengka di masa lalu dan juga berbagai macam cerita rakyat yang khas dari Majalangka serta tidak ketinggalan berbagai macam potensi daerah majalengka ini kemudian dibuat menjadi berbagai macam motif batik yang indah. Keindahan motif batik dari Majalengka ini menjadi sangat khas dan juga unik karena menggunakan motif yang sangat khas dari wilayahnya. Dalam motif batik yang berasal dari daerah Majalengka ini ada juga motif yang menggunakan gambar seperti kujang, mahkota dan juga gambar buah maja yang merupakan benda yang memiliki makna tersendiri bagi masyarakat Majalengka.

Lambang kujang merupakan salah satu motif batik yang dipakai oleh masyarakat daerah ini yang ide nya berasal dari lambang kerajaan Padjajaran pada zaman dahulu di mana pada masa itu kerajaan Sindangkasih memiliki hubungan yang baik dan erat dengan kerajaan padjajaran. Bukti hubungan erat ini adalah dengan di sunting nya putri dari kerajaan Sindangkasih oleh putra mahkota kerajaan Padjadjaran. Motif batik lain adalah motif batik yang memperlihatkan bentuk mahkota yang merupakan bentuk dari mahkota Simbarkencana yang pada masa dahulu merupakan mahkota yang dipakai oleh Ratu di kerajaan Sindangkasih. Motif batik lain adalah motif batik buah Maja yang merupakan motif batik yang menggunakan buah yang menjadi ciri dari kerajaan Sindangkasih.

Source https://fashion-wanita.weebly.com/ https://fashion-wanita.weebly.com/blog/seni-batik-majalengka
Comments
Loading...