Seni Batik Madura

0 520

Seni Batik Madura

Seni batik sudah menjadi tradisi yang sangat lama sejak ratusan bahkan ribuan tahun lamanya di Pulau Jawa. Kesenian ini masih bertahan dan terus berkembang hingga saat ini dengan cara diwariskan secara turun temurun dalam keluarga. Pulau jawa merupakan pusat dari pembuatan batik di nusantara ini dan seni ini diperkirakan bermula di daerah Solo dan juga Jogjakarta. Saat ini perkembangan seni batik telah sangat pesat dan memiliki ragam motif yang sangat banyak.

Tiap daerah pasti memiliki motif batik yang khas dari wilayah mereka sendiri, seperti batik dari daerah Madura. Motif batik yang dibuat oleh masyarakat Madura ini memiliki ciri khas yang dapat dilihat dan temukan dalam bentuk warna dan juga motif batik yang sering dipakai oleh masyarakatnya. Dalam motif batik yang dibuat oleh seniman batik di Madura ini dapat kita jumpai banyak bentuk tarikan garis yang terdapat pada satu permukaan kain batik. Selain itu motif batik yang dibuat di daerah ini dapat dilihat memiliki ciri khas dengan garis yang banyak terpampang dalam sebuah desain batik. Desain batik yang dibuat oleh para seniman di daerah ini pada umumnya memiliki makna yang terkandung dalam permukaan motif batiknya.

Makna yang terkandung dalam Batik Madura umumnya memiliki motif yang memperlihatkan dan menceritakan kehidupan masyarakat daerah Madura dalam kesehariannya. Budaya yang dimiliki oleh masyarakat Madura juga banyak kita temui berada pada permukaan kain baju batik ini. Selain dari motif baju batik yang khas, Seni Batik Madura juga terkenal dengan warna mereka yang unik. Para seniman batik di daerah Madura ini pada umumnya menggunakan jenis warna yang tajam dan kuat, serta para umumnya motif batik mereka didominasi dengan menggunakan warna hitam dan juga warna merah. Batik Madura telah terkenal ke seluruh pelosok Nusantara dan pada umumnya kain batik tulis dari daerah ini pada umumnya dijual dengan harga yang cukup tinggi karena motif dan juga proses pemberian warna baju batik mereka yang unik.

Source Seni Batik Madura Batik
Comments
Loading...