Seni Batik Lukis

0 397

Seni Batik Lukis

Batik Lukis merupakan sebuah teknik pembuatan motif batik yang dilakukan oleh para seniman batik. Teknik pembuatan batik lukis dilakukan dengan cara langsung melukis motif batik yang diinginkan pada permukaan kain putih. Teknik ini cukup berkembang saat ini dan teknik ini merupakan perkembangan dari teknik batik yang sudah ada. Motif Batik Lukis dan batik tulis tradisional dapat disebut memiliki cara pembuatan yang hampir mirip namun bentuk dan hasil akhir dari Batik Lukis ini sangat berbeda dengan Batik Tulis pada umumnya. Warna batik lukis pada umumnya lebih cerah dan juga menggunakan jenis warna yang cukup banyak yang susah ditemui pada pembuatan Batik Tulis Tradisional.

Batik Lukis dibuat melalui beberapa tahapan, yaitu pertama kali adalah para seniman batik ini akan menyiapkan kain katun atau kain sutera yang nantinya akan dipakai dalam proses pembuatan batik lukis ini. Setelah itu maka akan dilakukan pembuatan gambar dari motif batik yang ingin dibuat oleh seniman batik ini. Walaupun begitu terkadang ada juga seniman yang melakukan proses pembuatan motif batik ini tanpa melakukan sketsa terlebih dahulu dan langsung menuangkan ekspresi mereka pada permukaan kain tersebut. Pada pembuatan batik dengan teknik lukis ini juga sering dibuat dengan proses batik dan juga warna yang dilakukan secara bersamaan sehingga langsung menghasilkan motif batik yang mereka inginkan.

Proses pembuatan pada Batik Lukis tidak semudah pembuatan karya lukis karena menggunakan malam pada kain batik dan hal ini cukup susah dan tidak semudah ketika menggunakan pensil. Teknik batik lukis ini membuat efek pemberian warna yang cukup rumit dapat dilakukan oleh para pembuat batik ini. Batik lukis sering dijumpai dengan menggunakan beberapa efek khusus seperti gradasi dan beberapa efek lain. Hal yang paling penting dalam pembuatan batik lukis ini adalah menciptakan paduan yang baik antara proses pembuatan batik dan warna yang sangat tergantung dar cita rasa seniman batik tersebut.

Source Seni Batik Lukis Batik
Comments
Loading...