Seni Batik Lasem

0 51

Seni Batik Lasem

Daerah Lasem cukup banyak dihuni oleh warga dari bangsa Cina karena di daerah ini merupakan tempat yang menjadi awal kedatangan para nenek moyang mereka ketika memasuki Indonesia di masa lalu. Di daerah Lasem ini kita dapat menjumpai cukup banyak perkampungan yang dihuni oleh masyarakat cina. Kota ini memiliki patung Budha yang berada dalam posisi terbaring dan merupakan salah satu ikon dari kota ini. Patung Budha ini dilapisi dengan emas sehingga menjadi sangat indah dan juga unik. Selain itu Kota Lasem ini juga terkenal dengan industri pembuatan baju batik yang dilakukan oleh penduduknya.

Batik merupakan salah satu produksi yang menjadi kebanggaan masyarakat daerah Lasem. Batik di daerah ini memiliki ciri khas dari warna merah darah ayam yang sangat khas dan tidak dapat dibuat dan ditemukan di dalam warna batik dari kota lain. Industri baju batik di kota lasem ini mengalami perkembangan yang cukup baik walau memang tidak besar seperti industri batik di Kota Pekalongan, Solo dan juga Jogja. Namun batik yang dibuat oleh seniman kota ini memiliki keunikan tersendiri yang membuat warga kota ini sangat bangga dengan batik mereka. Warna khas merah daerah ayam pada baju batik yang dibuat oleh seniman batik kota ini merupakan warna yang sangat khusus karena pada waktu zaman dahulu warna ini hanya bisa dibuat di wilayah ini.

Ciri warna ini dapat diperoleh dari air kota ini yang memiliki kandungan khusus yang membuat warna merah pada kain batik mereka menjadi sangat unik. Pada masa lalu warna batik yang dipakai oleh seniman batik di kota ini selalu menggunakan warna yang berasal dari alam. Beberapa bahan alam yang mereka pakai sebagai bahan utama pemberi warna diantaranya adalah kulit mengkudu yang dalam proses pembuatannya dicampur dengan beberapa jenis kayu sehingga menghasilkan warna yang unik tersebut. Namun dengan ada nya perkembangan zaman dan juga kemudahan menggunakan warna sintetis membuat saat ini penggunaan warna alam sudah sangat jarang dipakai.

Source http://indofashion.wikidot.com/ http://indofashion.wikidot.com/blog:64 http://www.batikhush.com/
Comments
Loading...