Seni Batik Lampung

0 464

Seni Batik Lampung

Seni pembuatan batik yang ada di Lampung merupakan sebuah kesenian dengan proses perjalanan yang panjang. Seni batik di lampung ini bermula di tahun tujuh puluhan dan dimulai oleh seorang budayawan Lampung yang bernama Andrean Sangaji. Batik lampung ini memiliki motif yang unik dan berbeda dengan motif batik yang berasal dari wilayah lain. Batik Lampung ini memiliki motif batik yang mendapatkan pengaruh dari kebudayaan bangsa India.

Dalam Motif Batik Lampung dapat di temukan bentuk motif Budha yang cukup mendominasi. Batik Lampung telah memiliki motif yang cukup beragam dan motif baju batik yang paling dikenal secara luas dalam masyarakat adalah Motif Perahu dan juga Motif Pohon Hayat atau dikenal juga dengan nama motif Pohon Kehidupan. Kedua motif batik yang disebut di atas adalah motif batik yang memperlihatkan kebudayaan lampung yang khas dan menjadi motif batik yang menjadi motif andalan bagi masyarakat Lampung di mata dunia.

Seni batik Lampung sudah telah dikenal oleh dunia internasional degan adanya beberapa kain batik dengan motif khas Lampung yang dapat dijumpai di beberapa negara seperti Australia, Negara Hawai dan juga dapat ditemui di museum yang ada di Negara Amerika. Pada umumnya motif batik dari Lampung ini dikenal dengan sebutan Kain Tampan, Kain Palepai dan juga Kain Tatibin yang merupakan kain yang biasa dibuat oleh para seniman yang tinggal di daerah pesisir.

Source Seni Batik Lampung Batik
Comments
Loading...