Seni Batik Lamongan

0 187

Seni Batik Lamongan

Seni batik Lamongan merupakan warisan turun temurun yang berasal dari nenek moyang. Seni pembuatan batik di daerah ini diperkirakan bermula pada sekitar abad ke 15. Keindahan seni batik dari Kota Lamongan hingga saat ini masih ada dan bahkan terus maju dan berkembang menjadi motif batik yang sangat terkenal di Indonesia dan juga di beberapa negara lain. Seni batik di daerah ini memiliki bentuk unik dan juga karakter yang khas.

Pola dan untaian garis yang dibuat oleh masyarakat Lamongan  ini terkenal dengan Motif Batiknya yang unik dan juga memiliki bentuk yang rumit. Para seniman batik di daerah ini dalam mengerjakan Motif Batik harus benar-benar sabar dan juga memiliki jiwa yang ulet dan juga sangat terampil dalam membuat ragam model batik yang rumit. Teknik batik yang digunakan di daerah ini pada umumnya masih menggunakan cara tradisional. Canting tulis merupakan alat yang digunakan untuk membuat berbagai macam bentuk pola dan juga Motif Batik yang ada di daerah ini banyak yang memperlihatkan bentuk alam sekitar.

Bentuk motif dan juga pola batik yang merupakan motif yang khas dari daerah Lamongan ini merupakan Motif atik yang memiliki nuansa alam yang berupa tumbuhan dan juga hewan. Motif Batik yang ada di daerah Lamongan ini telah dapat dibagi menjadi dua kelompok yaitu Motif Batik Modern dan juga para seniman batik yang masih membuat Motif Batik Tradisional. Batik dengan Motif Tradisional merupakan Motif Batik yang memiliki makna dalam motifnya dan dianggap merupakan kain batik yang memiliki tujuan dan juga dampak kepada orang yang memakai Motif Batik tersebut. Sementara itu ada jenis Motif Batik Modern yang merupakan kumpulan dari berbagai macam Motif Batik yang dibuat oleh masyarakat kota Sendang yang memiliki bentuk yang modern dan tidak memiliki makna khusus dalam Motif Batik.

Source Seni Batik Lamongan Batik
Comments
Loading...