Seni Batik Kota Pati

0 86

Seni Batik Kota Pati

Seni Batik Pati dikenal oleh masyarakat luas dengan nama Batik Bakaran. Sekitar tahun 1975, seni batik yang berasal dari Desa Bakaran sempat hampir hilang dan tidak lagi melanjutkan usaha batik ini. Kejadian ini disebabkan oleh banyak faktor diantaranya adalah para tenaga ahli pembuat batik dari desa ini yang sudah berusia sangat lanjut dan ketika itu juga belum terdapat generasi mudah yang memiliki keahlian yang cukup dalam membuat dan mengelola industri batik khas dari Pati ini. Namun pada masa tersebut masih ada seorang bapak yang bernama bapak Bukhari yang merupakan salah seorang putra dari seniman batik pati ini yang berusaha dengan keras untuk menjaga agar kesenian pembuatan batik yang ada di daerah Pati ini tetap ada dan juga lestari. Motif Batik yang dibuat oleh beliau kemudian diberi nama atau merek yang membuat Motif Batik dari desa ini dapat lebih dikenal secara luas.

Nama yang dipilih sebagai nama batik mereka adalah Batik Tjokro. Nama ini berasal dari kakek bapak bukhori yang pernah mengalami masa kejayaan dalam kesenian batik di Desa Bakaran ini. Pada masa tersebut seni batik di Desa Bakaran ini mengalami masa keemasan dan merupakan hasil industri yang menjadi komoditas utama perdagangan di wilayah pelabuhan Juwana di masa lalu. Industri batik yang ada di daerah ini mengalami lonjakan permintaan akan berbagai Motif Batik khas Bakaran ini pada sekitar tahun delapan puluhan yang membuat bapak Bukhari harus menambah jumlah pekerja yang dimilikinya. Para pembuat batik ini merupakan para ibu rumah tangga yang pada umumnya memiliki tempat tinggal di sekitar wilayah industri baju batik tersebut.

Industri Batik Bakaran sempat kembali harus ditutup ketika tahun 1998 yang disebabkan oleh adanya krisis dalam ekonomi masyarakat Indonesia yang menyebabkan segala macam harga mengalami kenaikan yang sangat tinggi dan sudah tidak mampu lagi di jangkau oleh para pengusaha batik. Namun setelah masa tersebut kesenian batik di daerah Pati ini kembali menggeliat. Saat ini pemasaran dan juga produksi batik di daerah Pati terus meningkat dan dikenal secara luas di berbagai wilayah Indonesia dan juga di mancanegara.

Source Seni Batik Kota Pati Batik
Comments
Loading...