Seni Batik Kota Bogor

0 118

Seni Batik Kota Bogor

Seni batik yang ada di Indonesia ini memang banyak yang berasal dari tiga daerah tersebut. Namun bukan berarti tidak ada kota lain yang membuat motif batik. Saat ini hampir tiap kota besar di Indonesia memiliki seni batik dan juga pusat kerajinan batik. Salah satu kota yang juga mengembangkan seni pembuatan baju batik adalah kota Bogor. Kota Bogor ini telah memiliki berbagai macam motif batik yang khas seperti motif batik istana, motif baju batik kebun raya dan juga motif batik kujang dan berbagai macam motif batik lainnya. Saat ini dengan munculnya kesenian batik di Kota Bogor ini menjadi sebuah tambahan dalam agenda wisata jika berkunjung ke kota ini. Pada tahun 2006 ketika bencana gempa bumi mengguncang Kota Jogja dan sekitarnya membuat roda perekonomian di daerah ini sempat terhenti.

Dalam niat untuk membantu saudaranya bapak Siswaya membawa empat orang tenaga ahli membuat batik dan 1 orang tenaga ahli warna ke Kota Bogor untuk mengembangkan motif batik. Namun pada masa tersebut belum terbersit pikiran untuk membuat motif baju batik yang khas dari Kota Bogor. Hal ini lah yang kemudian menjadi cikal bakal dari perkembangan batik di Kota Bogor. Setelah beberapa lama muncul lah motif baju batik yang menggunakan ciri khas Kota Bogor seperti batik dengan motif kujang dan juga kijang yang merupakan lambang dari Kota Bogor. Perkembangan Batik Bogor ini berasal dari seorang pengusaha yang berasal dari Jogja yang telah lama tinggal di Kota Bogor yaitu bapak Siswaya.

Saat ini Batik Bogor telah menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik di kota ini. Untuk dapat menemukan lokasi tempat penjualan Batik Bogor ini cukup mudah karena lokasinya sangat strategis berada di pusat Kota Bogor. Walau bukan merupakan orang asli Bogor, namun bapak Siswaya ingin memberkan kontribusi yang baik terhadap kota yang telah lama ia tinggali ini sehingga baliau kemudian memutuskan untuk membuat motif batik khas Kota Bogor.

Source https://biboll.blogspot.co.id/ https://biboll.blogspot.co.id/2016/03/bogor-kota-batik.html
Comments
Loading...