Seni Batik Kendal

0 313

Seni Batik Kendal

Kabupaten Kendal ternyata memiliki seni batik yang dikembangkan oleh masyarakatnya. Kabupaten Kendal termasuk sebagai wilayah yang masih baru dalam hal membuat seni batik. Namun walaupun begitu motif batik yang diciptakan oleh warga daerah Kendal ini telah sangat banyak dan mampu bersaing dengan seni dan motif batik dari wilayah lain. Dalam rangka menambah kepoluleran motif dan juga seni batik di daerah Kendal ini, pemerintah daerah bersama dengan para pengusaha batik di wilayah ini menempuh berbagai macam cara mulai dari membuat pameran, mengikuti pameran tingkat nasional dan internasional hingga mengadakan perlombaan. Salah satunya adalah lomba membuat kain batik dengan motif khas Kendal. Perlombaan ini diadakan dalam rangka menyambut hari jadi Kabupaten Kendal ke 409. Perlombaan membuat motif batik ini diadakan di Tirto Arum dan berhasil diikuti oleh sekitar delapan puluh delapan orang peserta. Peserta yang mengikuti perlombaan membuat batik ini berasal dari perwakilan SKPD dan juga diikuti oleh masyarakat umum.

Dalam rangka untuk memperingati hari jadi Kabupaten Kendal, perlombaan ini juga memiliki tujuan untuk lebih membuat masyarakat mengenal kain batik dan juga baju batik yang memiliki motif batik Kendal. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan produksi dan juga penjualan dari para pengusaha batik di wilayah Kabupaten kendal ini. Dengan lebih dikenalnya motif batik khas wilayah ini diharapkan masyarakat Kota Kendal dapat lebih mengetahui perkembangan seni batik di wilayah mereka. Selain itu masyarakat Kendal diharapkan dapat ikut serta membantu industri batik di wilayah ini dengan menjadi pelanggan dari batik khas Kendal. Lomba pembuatan motif batik ini memiliki tema kenal dan juga cintai batik khas kendal. Dari tema tersebut memang terasa sekali keinginan dari pemerintah daerah untuk membuat industri batik di daerah Kendal ini dapat meningkat dengan pesat.

Diharapkan dengan adanya perlombaan seni pembuatan motif, maka pilihan bagi masyarakat akan motif baju batik yang memiliki pola khas Kendal semakin banyak. Pemerintah Kabupaten Kendal mengharapkan suatu saat nanti batik Kendal dapat juga berkembang dan sejajar dengan batik daerah lain yang produksinya sudah sangat besar. motif baju bati yang menjadi ciri khas Kendal adalah motif yang menggunakan pola lingkungan sehingga berkembanglah beberapa motif batik seperti Motif Batik Kembang dan juga Motif Daun Tembakau. Beberapa motif ini lah yang menjadi pola utama bagi para peserta lomba tersebut dengan mengangkat ciri khas Kabupaten Kendal.

Source http://biboll.blogspot.co.id/ http://biboll.blogspot.co.id/2016/04/batik-khas-kendal.html http://www.batikhush.com/
Comments
Loading...