Seni Batik Kebumen

0 398

Seni Batik Kebumen

Seni batik yang dibuat oleh masyarakat Kebumen umumnya merupakan batik yang menggunakan motif yang indah dan juga artistik tanpa memiliki makna dan juga harapan tertentu pada garis motifnya. Pemakaian motif batik yang memperlihatkan keindahan alam masyarakat daerah ini membuat Batik Kebumen ini menjadi unik dengan motif mereka sendiri. Batik Kebumen ini lebih banyak memakai bentuk-bentuk tumbuhan dan jual alam dalam motif batik mereka selain itu motif batik mereka juga memperlihatkan pribadi dan juga karakter masyarakat Kebumen yang sederhana dan memberikan porsi hormat yang besar terhadap alam lingkungan mereka.

Sejarah Batik yang ada di Kebumen cukup panjang membuat motif batik yang ada dan telah dibuat di wilayah ini memiliki jumlah yang sangat banyak. Hingga saat ini motif batik yang khas dan dibuat oleh masyarakat Kebumen telah memiliki berbagai macam motif dan mencapai jumlah hingga ratusan jenis motif batik. Seniman batik di Kebumen ini sangat menyukai memakai bentuk Motif Flora, fauna dan juga bentuk geometri dalam motif baju batik yang mereka buat. Motif batik yang dibuat oleh masyarakat Kebumen ini dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu Motif Batik Merakan, Motif Batik Pelataran dan Motif Batik Jagatan atau disebut juga Motif Batik Sekar Jagad. Selain itu masih ada juga jenis motif lain yaitu motif batik kombinasi yang memiliki corak yang lengkap yaitu Motif Batik Kawung, Motif Batik Kawung Uwer, dan Motif Batik Kawung Jenggot.

Dilihat dari sisi warna maka seni batik yang dibuat oleh daerah ini memiliki ragam warna yang lebih banyak dari batik yang berasal dari daerah lain. Sehelai kain batik di daerah ini bisa mempunyai hingga empat jenis kombinasi warna dalam motif nya. Beberapa jenis warna yang cukup sering dipakai oleh seniman batik di daerah ini adalah warna cokelat, warna merah, warna biru, warna hijau, warna kuning dan juga warna hitam. Selain itu seni batik di daerah ini ada juga batik tulis yang motif batik nya banyak menggunakan warna merah, ada juga yang dipenuhi dengan warna biru yang kemudian dikenal dengan sebutan Motif Batik Biron.

Source Seni Batik Kebumen Batik
Comments
Loading...