Seni Batik Jombang

0 153

Seni Batik Jombang

Seni membuat batik sudah pernah ada dan dikenal oleh masyarakat wilayah Jombang sejak zaman Kerajaan Majapahit dahulu. Walaupun begitu seni membuat batik di wilayah ini baru mulai kembali berkembang beberapa tahun belakangan ini. Hal ini dimulai pada sekitar tahun seribu sembilan ratus empat puluhan di sebuah desa yang bernama desa Candi Mulyo. Para ibu dan remaja di daerah tersebut memiliki keahlian dalam membuat baju batik dan motif baju batik yang mereka buat memiliki motif batik yang diberi nama Motif Batik Pacinan.

Motif Batik ini menggunakan Motif Batik Kawung dengan warna merah bata dan juga menggunakan warna hijau daun pada Motif Batik yang mereka buat. Batik di wilayah ini kemudian sempat hilang dan tidak di produksi ketika penjajahan bangsa Jepang ke Indonesia. Batik di kota ini berhenti karena tidak adanya bahan baku untuk membuat batik dan selain itu banyaknya pembuat batik yang berhenti membuat batik di karena kan berbagai macam hal.

Motif Batik yang digunakan pada zaman dahulu oleh masyarakat Jombang pada umumnya menggunakan motif batik yang idenya dari alam sekitar wilayah ini. Motif yang sering dipakai pada masa itu adalah Bunga Melati, Motif Batik Cengkeh, Motif Batik Pohon Jati dan berbagai macam jenis motif batik lainnya. Kemudian saat ini Motif Batik yang khas dari kota ini telah disepakati menggunakan motif dan juga relief yang ada di Candi Arimbi. Motif ini kemudian dijadikan sebagai Motif Batik untuk lebih menjaga motif dan relief yang ada di candi tersebut lebih dikenal di berbagai wilayah Indonesia.

Source Seni Batik Jombang Batik
Comments
Loading...