Seni Batik Jambi

0 322

Seni Batik Jambi

Seni batik yang berkembang di Kota Jambi dengan bentuk motif batiknya yang khas. Daerah Jambi memiliki bentuk motif batik yang juga tidak kalah indah dengan motif batik dari kota lainnya. Seni batik di daerah ini sudah cukup lama walaupun begitu tidak ada catatan sejarah yang pasti awal mula seni batik ini ada di wilayah Jambi. Seni pembuatan batik di wilayah Jambi ini telah ada pada masa Kesultanan Melayu Jambi dan dibuat dengan menggunakan motif batik khas dari daerah ini yang memperlihatkan bentuk fauna dan juga flora dari wilayah Jambi.

Seni pembuatan batik yang ada di Kesultanan Melayu Jambi dibuat untuk memenuhi keperluan keluarga Sultan dan juga para pengikutnya yang berada dalam Kesultanan tersebut. Pada masa itu seni Batik Jambi masih dibuat dalam jumlah yang terbatas dan tidak dipakai oleh masyarakat umum. Mereka yang memakai batik dari Jambi hanya merupakan masyarakat yang memiliki kehidupan sosial yang tinggi seperti kerabat Sultan dan juga para kaum bangsawan. Seni pembuatan Batik Jambi sempat mengalami penurunan secara drastis dengan berakhirnya masa kekuasaan Kesultanan Jambi.

Seni membuat batik ini baru mulai kembali digerakkan secara besar dan luas pada masa pembangunan yang dilakukan oleh pemerintahan Orde Baru. Sekitar tahun 1980an seni dan motif batik yang dibuat oleh para seniman di daerah ini masih banyak yang menggunakan warna khas dari daerah mereka, namun seiring dengan perkembangan zaman dan mengikuti permintaan pasar seni batik yang dibuat oleh masyarakat Jambi ini mulai menggunakan warna yang banyak dipakai di daerah Pekalongan dan juga Cirebon. Namun saat ini seni pembuatan baju batik Jambi telah kembali ke warna asli daerah ini yang menggunakan warna cerah yang sesuai dengan karakter khas dari wilayah ini.

Source Seni Batik Jambi Batik
Comments
Loading...