Seni Batik Gresik

0 154

Seni Batik Gresik

Gresik memiliki seni batik cukup lama dan bahkan sebelum kota ini berubah menjadi kota industri. Kota ini cukup terkenal dengan industri pabrik semen dan juga industri pabrik pupuk. Kehadiran industri besar ini membuat kegiatan pembuatan baju batik semakin dilupakan dan semakin banyak masyarakat yang menjadi buruh di pabrik-pabrik tersebut. Namun beberapa tahun terakhir ini kegiatan membuat batik kembali berkembang dan hal ini dimulai oleh Sanggar batik Rumpaka Mulya yang letaknya ada di Wringinanom, Gresik.

Saat ini Motif Batik dari kota ini telah cukup banyak dan beberapa motif yang terkenal dari kota ini diantaranya adalah Motif Batik Loh Bandeng. Motif Batik Gresik ini pada Motif Batiknya memiliki nilai budaya yang memperlihatkan ciri dan juga keindahan budaya kota ini. Motif Batik Loh bandeng ini memiliki makna dalam Motif Batik nya yaitu salah satunya adalah sebuah pemberitahuan bahwa ikan bandeng adalah produk yang menjadi kebanggaan masyarakat kota ini.

Makna dari Motif Batik ini adalah sebuah semangat kebersamaan dan juga persatuan bagi masyarakat daerah ini. Hal ini ditunjukkan dengan bentuk Motif Bandeng yang dibuat dengan rapat tanpa celah. Selain itu bentuk ikan yang beragam dengan warna yang berbeda merupakan bentuk kebebasan para seniman batik dalam membuat Motif Batik milik mereka. Selain itu ada juga bentuk Motif Ikan yang tanpa kepala, yang merupakan Motif Batik yang memiliki makna untuk selalu utuh dan juga bersama tanpa adanya unsur paksaan kehendak dari satu pribadi ke pribadi lainnya.

Source Seni Batik Gresik Batik
Comments
Loading...