Seni Batik Giriloyo

0 137

Seni Batik Giriloyo

Seni membuat model batik tulis ini memang sudah jarang dilakukan dan para seniman batik saat ini lebih memilih menggunakan teknik pembuatan batik cap karena prosesnya yang lebih mudah dan juga cepat. Kegiatan membuat batik tulis memang jarang dilakukan saat ini namun beberapa tempat masih bertahan dan membuat teknik batik tulis ini, salah satunya adalah Desa Giriloyo yang ada di wilayah Imogiri Yogakarta.

Pembuatan teknik batik tulis telah ada sejak tahun 1654 di daerah ini dan merupakan seni yang berasal dari keraton Yogyakarta. Para masyarakat di daerah belajar membuat batik tulis dari para abdi dalem yang bertugas menjaga dan merawat makam para raja ini. Para masyarakat di daerah Giriloyo ini pada zaman dahulu mengerjakan batik dengan cara mereka mengambil kain polos dan kemudian membawanya pulang ke rumah.

Kain tersebut setelah selesai mereka canting dan buat polanya akan dikembalikan setelah selesai dilakukan proses pencelupan. Seni batik di daerah ini mulai berkembang dan keterampilan mereka membuat batik semakin berkembang dan banyak seniman batik di daerah ini kemudian membuat usaha batik mereka sendiri. Jika mendatangi Desa Giriloyo ini kita akan dapat melakukan wisata batik dan juga dapat belajar mengenai cara membuat batik tulis dan juga belajar mengenai Motif Batik dan juga makna yang ada dalam Motif Batik tersebut.

Para seniman batik di Desa Giriloyo masih mempertahankan teknik batik tulis asli dan juga Motif Batik Tradisional buatan mereka. Motif Batik Tradisional banyak yang memiliki makna dan juga filosofi dalam Motif Batiknya dan memiliki makna yang mendalam dalam tiap Motif Batik Tradisional tersebut.

Source Seni Batik Giriloyo Batik
Comments
Loading...