Seni Batik Garut

0 85

Seni Batik Garut

Seni batik yang ada di Kota Garut ini masuk ke dalam kategori batik pesisir disebabkan oleh karena daerah ini mendapatkan pengaruh seni membuat batik dari beberapa kota dan daerah yang menghasilkan batik. Seni dan budaya yang berkembang di kota ini dapat disebut sebagai kota dengan tata kehidupan masyarakat Sunda namun memiliki karakter yang lebih dinamis. Motif baju batik yang mencirikan kota ini adalah daerah yang merupakan batik dengan memperlihatkan bentuk gambar yang bersifat naturalis.

Motif batik ini dapat ditemui pada beberapa motif batik yang memiliki gambar tumbuhan dan juga hewan seperti motif dengan gambar kupu-kupu dan juga dengan bentuk burung. Selain itu ada juga motif batik lainnya yang berasal dari kota penghasil dodol ini yaitu motif batik drintin.

Motif batik ini mengambil nama yang berasal dari bahasa Belanda. Drintin dalam bahasa Indonesia memiliki makna sebagai kebun binatang. Gambar baju batik yang terbentuk dari motif batik ini adalah sebuah gambaran mengenai kebun binatang yang terletak di daerah Bandung. Seni batik dari Kota Garut ini menganut aliran naturalis dan motif yang dipakai banyak mendapatkan pengaruh dari alam kota garut yang terletak di wilayah dataran tinggi dan memiliki beberapa bukit. Bentuk ini menjadi ide bagi para seniman batik kota ini untuk membuat motif baju batik yang mereka inginkan.

Motif baju batik dari kota ini pada umumnya tidak memiliki arti dan makna khusus dari setiap motif batik yang mereka buat. Hal ini berdasarkan sebuah buku yang ditulis oleh Djomena dan diterbitkan pada tahun 1990. Walaupun tidak ada makna yang terkandung dalam motif batik nya, seniman batik kota ini tetap membuat motif batik yang memperlihatkan kehidupan sosial dan juga budaya yang berlaku di wilayah kota Garut ini dan juga memperlihatkan karakter masyarakat Kota Garut.

Source http://bibolbatik.blogspot.co.id/ http://bibolbatik.blogspot.co.id/2015/11/industri-batik-garut.html
Comments
Loading...