Seni Batik di Solo

0 224

Seni Batik di Solo

Seni batik Solo telah menjadi inspirasi dari beberapa daerah lainnya dalam hal motif batik. Kota Solo merupakan sebuah pusat pembuatan batik dan merupakan salah satu pusat awal perkembangan seni batik di Indonesia ini.  Kota Solo sangat banyak seniman batik yang ahli dan membuat berbagai macam motif batik tradisional maupun modern yang sangat indah. Keindahan batik di kota Solo ini telah sangat terkenal dan dibuat dengan berbagai teknik baik itu teknik batik tulis dan juga teknik batik cap. Batik dapat dijumpai di jual di berbagai tempat di kota ini mulai dari pasar hingga mall besar.

Seni batik di Kota Solo ini memang terkenal sebagai sebuah industri yang cukup maju dan merupakan salah satu penggerak ekonomi masyarakat kota ini. Beberapa wilayah yang menjadi sentra pembuatan batik ini juga dikenal sebagai kampung batik yang memiliki banyak penduduk yang membuat batik baik itu tulis maupun cap. Kampung batik yang terkenal di daerah Solo ini adalah Kampung Batik Laweyan dan wilayah ini juga merupakan sebuah kampung batik yang paling tua yang ada di Indonesia. Para seniman batik di kota Solo ini pada umumnya membuat batik yang memiliki kualitas yang sangat baik dan juga dibuat dengan sangat teliti.

Kampung Batik Laweyan ini terdapat banyak seniman batik yang telah berdiri sejak masa yang sangat lama yaitu pada tahun 1946. Seni batik yang dibuat oleh masyarakat kampung Laweyan ini memang telah ada sangat lama bahkan sejak pemerintahan Kerajaan Pahang yang berkuasa di wilayah ini. Seni batik yang dibuat oleh masyarakat di daerah kampung batik ini merupakan seni batik yang tidak hanya dikenal oleh masyarakat kota Solo dan sekitarnya saja, namun seni batik di wilayah ini juga telah sangat terkenal di kalangan wisatawan mancanegara yang pasti akan menyempatkan diri untuk melihat cara pembuatan batik.

Source Seni Batik di Solo Batik
Comments
Loading...