Seni Batik di Purbalingga

0 134

Seni Batik di Purbalingga

Seni Batik yang berada di wilayah Kota Purbalingga sebenarnya memiliki motif dan juga berbagai macam pola yang indah. Tetapi industri batik di kota ini memiliki beberapa kendala yang membuat seni dan juga industri batik di kota ini tidak dapat berkembang maksimal menjadi lebih besar lagi. Beberapa masalah yang ada di kota ini adalah pertama seniman batik yang bekerja dan membuat batik di kota ini pada umumnya hanya dapat membuat motif batik dan tidak dapat melakukan proses lain seperti memberi warna dan juga melakukan proses tahap akhir. Agar dapat membuat batik mereka menjadi suatu produk yang sudah jadi para seniman batik di kota ini harus bekerja sama dengan para pembuat batik dari kota lain sehingga dapat menyelesaikan motif batik yang mereka buat. Hal ini membuat ongkos produksi yang mereka butuhkan menjadi jauh lebih besar.

Masalah yang lain tidak adanya ruang pamer yang dimiliki oleh para pembuat batik di kota ini. Para pembuat batik dari kota ini tidak membuat suatu ruang pamer yang dapat menarik pengunjung dari dalam maupun luar kota untuk dapat langsung belanja baju batik dengan mereka. Untuk dapat menjual produk batik milik mereka banyak yang hanya menitipkan baju batik buatan mereka ke beberapa pedagang besar yang mereka kenal. Tidak adanya ruang pamer khusus untuk batik ini membuat ajang untuk promosi dan juga mendorong adanya wisata batik di kota ini menjadi sangat sulit.

Selain itu ada juga masalah lain yaitu tidak adanya kerja sama antara para pembuat batik di kota ini. Kerja sama antara pembuat batik adalah hal yang cukup penting sehingga mereka dapat menetapkan standar untuk batik buatan mereka baik itu untuk harga jual dan juga kualitas batik itu sendiri. Tidak adanya kerja sama menimbulkan persaingan yang tidak sehat antara para pembuat batik. Tidak jarang untuk mendapatkan penjualan beberapa pembuat batik akan menurunkan harga mereka secara drastis demi mengungguli para pembuat batik yang lain. Kondisi yang tidak baik ini membuat susah untuk menciptakan suasana dan juga lingkungan batik yang nyaman bagi mereka sendiri.

Source Seni Batik di Purbalingga Batik
Comments
Loading...