Seni Batik Di Nusa Tenggara Barat

0 286

Seni Batik Di Nusa Tenggara Barat

Seni batik telah menjadi suatu hal yang berhasil diakui oleh lembaga internasional. Seni pembuatan batik saat ini telah muncul di berbagai daerah seperti di daerah Nusa Tenggara Barat. Lokasi ini telah membuat berbagai macam Motif Batik yang menjadi motif khusus dari daerah mereka yang sangat indah. Batik yang dibuat oleh masyarakat daerah ini dikenal dengan nama Batik Sasambo. Nama ini berasal dari tiga etnis yang ada di wilayah Nusa Tenggara Barat ini yaitu suku sasak di daerah Lombok, kemudian Samawadi di daerah Sumbawa dan satu lagi adalah Mbojo di wilayah Bima.

Ketiga suku ini bersatu untuk membuat seni dan juga Motif Batik Tradisional daerah mereka maka terciptalah Batik Sasambo yang menjadi media mereka dalam hal membuat kerajinan tangan tradisional dari daerah mereka. Batik Sasambo ini memiliki motif yang disebut Motif Sasambo, kemudian Motif Made Sahe atau dalam bahasa Indonesia berarti mata sapi, kemudian Motif Batik Kakando dan juga Motif Batik Uma Lengge yang merupakan motif yang namanya berasal dari rumah tradisional dengan bentuk kubah yang mirip dengan kerucut.

Pada setiap daerah yang membuat Motif Batik ini memiliki corak dan juga warna batik yang dapat dibedakan dari lokasi tempat mereka dibuat. Harga untuk batik daerah ini cukup bervariasi tergantung dari kehalusan kain dan juga seberapa artistik motif batik yang ada pada permukaan kain tersebut. Kain batik daerah ini dijual mulai dari harga ratusan ribu hingga bisa juga mencapai harga jutaan rupiah. Seperti batik di wilayah Jawa, proses pembuatan batik di daerah ini juga menentukan harga jual dari batik ini, sehingga semakin lama batik tersebut dibuat maka semakin mahal pula harga batik tersebut. Motif yang dibuat oleh masyarakat daerah ini juga cukup rumit dan sangat indah.

Source Seni Batik Di Nusa Tenggara Barat Batik
Comments
Loading...