Seni Batik Desa Sendang Duwur

0 182

Seni Batik Desa Sendang Duwur

Seni pada pembuatan batik sekarang ini telah tersebar ke seluruh nusantara dan telah mengalami perkembangan yang sangat baik. Di berbagai wilayah Indonesia dapat kita temui ragam motif batik yang indah yang mengangkat seni dan juga budaya masyarakat daerah tersebut. Kota Lamongan merupakan sebuah kota yang terletak di wilayah Jawa bagian timur. Kabupaten Lamongan ini merupakan sebuah daerah yang memiliki seni dan juga tradisi rakyat seperti daerah di pulau Jawa lainnya yang membuat berbagai ragam motif batik. kabupaten Lamongan merupakan sebuah wilayah yang terletak dekat dengan pesisir.

Desa Sendang Duwur merupakan sebuah wilayah yang hanya berjarak kurang lebih dari pinggir pantai utara dan menjadi penghasil dan pembuat berbagai macam seni baju batik untuk kabupaten Lamongan. Masyarakat Desa ini masih berusaha terus untuk dapat membuat batik menjadi lestari dan terus berusaha meningkatkan kualitas batik mereka. Pengembangan berbagai macam motif batik juga mereka lakukan untuk dapat membuat motif batik baru yang disukai oleh masyarakat. Seni membuat batik dan juga keahlian yang dimiliki oleh masyarakat daerah ini pada umumnya diperoleh secara turun menurun. Selain itu peran pemerintah juga cukup besar dalam perkembangan batik dengan mengadakan bimbingan dan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat dalam membuat berbagai motif batik.

Image result for Seni Batik Desa Sendang Duwur

Seni batik di desa ini merupakan seni yang diajarkan oleh Raden Nur Rahmad. Motif batik yang berkembang di wilayah ini pada umumnya masuk kategori batik non geometris dan beberapa motif batik yang menjadi ciri dari Desa Sendang Duwur ini diantaranya adalah motif batik Modang, Motif batik Byur, motif batik patinan. Warna yang dipakai oleh pembuat batik dari desa ini pada umumnya menggunakan tiga jenis warna yang merupakan lambang dari tiga alam yang dilalui oleh manusia semasa hidupnya. Ketiga warna ini adalah warna putih yang mewakili ketika manusia berada dalam kandungan, kemudian warna merah untuk alam dunia, dan yang terakhir adalah warna hitam yang merupakan alam akhirat.

Source Seni Batik Desa Sendang Duwur Seni Batik
Comments
Loading...