Seni Batik Depok

0 405

Seni Batik Depok

Seni batik tidak hanya terdapat di Jawa Tengah saja, tetapi di Kota Depok juga terdapat seni batik. Di daerah ini juga ternyata juga memiliki Motif Batik yang sarat akan makna dan filosofi hidup. Motif Batik yang ada di wilayah ini bermula pada tahun 2007. Pada tahun tersebut pemerintah daerah kota Depok ingin memiliki Motif Batik yang khas, dan akhirnya mereka membuat sebuah perlombaan untuk menciptakan Motif Batik yang memperlihatkan budaya masyarakat depok dan dapat disebut sebagai batik khas Kota Depok.

Kompetisi tersebut ternyata berhasil menarik banyak peminat dan hasil desain Motif Batik yang diterima oleh panitia mencapai jumlah yang sangat banyak dan berjumlah ratusan jenis desain Motif Batik. Namun dari ratusan Motif Batik yang masuk tersebut, panitia hanya memilih sepuluh desain Motif Batik yang dianggap paling mencerminkan budaya masyarakat daerah ini. Motif Batik yang terpilih sebagai motif-motif batik khas Kota Depok ini kemudian didaftarkan untuk mendapatkan hak paten oleh pemerintah daerah Kota Depok. Motif Batik yang dibuat ini memiliki makna yang berbeda antara tiap Motif Batik tersebut, hal ini tergantung dari bentuk ciri kha yang ingin diperlihatkan oleh Motif Batik tersebut.

Hasil gambar untuk Seni Batik Depok

Motif Batik Kota Depok ini pada umumnya memperlihatkan berbagai macam simbol dan juga ikon dari Kota Depok ini. Beberapa ciri dari kota ini terlihat pada Motif Batik Ikan Hias yang merupakan sebuah hal yang sangat khas dari kota Depok. Selain itu ada juga Motif Batik Belimbing yang merupakan salah satu buah khas yang berasal dari kota ini. Selain itu Motif Batik Kota Depok ini juga menggunakan beberapa simbol yang dipakai oleh Kota Depok.

Simbol ini seperti lambang kota lambang Kota Depok Paricara Dharma, Motif Batik Gong SI Bolong, Motif Batik Topeng Cisalak, Motif Batik Tanaman Hias, Motif Batik Ikan Hias, dan berbagai macam motif batik lainnya. Selain itu latar belakang yang dipakai dalam batik khas Kota Depok ini pada umumnya menggunakan unsur warna kuning emas, kemudian warna merah marun, menggunakan warna oranye, biru, dan dan juga menggunakan latar belakang warna biru tua. Warna ini merupakan sebuah lambang dari sifat wibawa, teduh, tenang dan juga memperlihatkan keberanian.

Source Seni Batik Depok Batik
Comments
Loading...