Seni Batik Dayak

0 344

Seni Batik Dayak

Seni batik telah hampir ada di setiap wilayah Indonesia dengan keragaman bentuk dan juga pola batik yang indah. Tidak terkecuali seni batik yang ada di Suku Dayak. Suku dayak adalah salah satu suku yang hidup di pulau Kalimantan ini. Suku ini ternyata juga memiliki seni batik yang mereka buat yang dikenal dengan sebutan Batik Dayak. Motif Batik ini juga telah menarik minat banyak orang bahkan di beberapa daerah, Motif Batik Dayak ini termasuk Motif Batik yang banyak dicari dan juga dikumpulkan oleh para kolektor batik. Motif Batik Dayak ini memiliki bentuk yang unik dan juga memperlihatkan Motif Batik yang berani dan memperlihatkan kebudayaan masyarakat daerah ini.

Motif Batik Dayak ini warna yang cerah menjadi salah satu daya tarik dan membuat motif baju batik dari masyarakat dayak ini menjadi sangat berani dan membuat orang yang memakai baju Batik dengan Motif Dayak ini tampak mencolok dan terlihat menarik di dalam kumpulan masyarakat banyak. Dalam membuat Motif Batik Dayak ini, para seniman di daerah ini melakukan nya dengan berbagai macam teknik, mulai dari teknik batik tulis, batik jumputan dan juga menggunakan teknik batik cap. Saat ini Motif Batik dari kalimantan ini telah dapat kita jumpai dijual di banyak tempat dan juga ada di pusat kain Batik kalimantan.

Motif Batik yang dibuat oleh masyarakat Kalimantan ini sangat kental dengan suasana dan nuansa dari suku dayak. Kain batik dayak ini memiliki tekstur yang halus dan juga lembut, namun tetap memberikan warna yang kuat dan mencolok yang merupakan warna yang menjadi ciri dalam kain Batik Dayak ini. Motif Batik yang dibuat oleh masyarakat dayak ini sangat beragam dan banyak yang memperlihatkan keindahan dan juga budaya masyarakat Dayak ini yang diantaranya memperlihatkan bentuk bunga-bunga tipis, tameng, rumah dan juga bentuk perahu.

Source Seni Batik Dayak Batik
Comments
Loading...