Seni Batik Cirebon

0 167

Seni Batik Cirebon

Seni pembuatan Batik Cirebon khususnya di daerah Trusmi diperkirakan telah bermula sejak abad ke empat belas. Di daerah tersebut merupakan sebuah wilayah yang penuh dengan tumbuhan. Pada waktu itu para penduduk memotong berbagai macam pohon yang ada di daerah tersebut. Namun dalam waktu seketika berbagai macam tumbuhan tersebut kembali tumbuh. Peristiwa ini lah yang kemudian membuat nama daerah ini dikenal sebagai trusmi, yang merupakan kata yang memiliki makna terus bersemi.

Pada awalnya Sultan dari Keraton Cirebon meminta para penduduk di daerah Trusmi untuk membuat motif batik seperti yang dimilikinya tanpa membawa contoh asli dari batik tersebut. Penduduk tersebut hanya diperbolehkan melihat motif batik tersebut dan tidak boleh membawa contoh aslinya.

Setelah berjalan beberapa waktu orang dari Desa Trusmi tersebut membawa batik yang telah dibuatnya dan menyerahkan ke Sultan. Sebelum kain dengan motif batik tersebut diserahkan kepada sultan, orang dari desa trusmi tersebut meminta batik yang dimiliki Sultan tersebut dan membungkus kedua batik tersebut jadi satu. Batik asli miliki sultan dan tiruan nya tersebut kemudian dibungkus rapi dan setelah itu Sultan diminta untuk memiliki batik mana yang asli. Namun karena motif batik kedua kain batik tersebut sangat mirip maka sang Sultan tidak dapat melihat perbedaannya. Sejak saat ini Sultan kemudian mengakui bahwa kain batik yang dibuat oleh seniman batik di daerah Trusmi memiliki kualitas yang sangat baik dan dapat membuat kain batik yang persis seperti miliknya hanya dengan satu kali lihat.

Batik merupakan sebuah kerajinan yang memiliki nilai seni yang sangat tinggi dan merupakan kesenian yang berasal dari kebudayaan masyarakat Jawa di masa lampau. Perempuan jawa di masa lalu merupakan para tenaga batik yang sangat ahli dan dengan kemampuan mereka membuat batik tersebut, digunakan oleh mereka untuk menambah penghasilan keluarga mereka. Motif batik dan juga seni batik pada masa lalu merupakan seni khas dari kaum wanita hingga dikenalnya teknik batik cap. Namun sebenarnya ada juga seni batik tulis yang dikerjakan oleh kaum pria. Hal ini dapat kita jumpai dalam Motif Batik Pesisir yang ada di daerah Cirebon ini seperti Motif Batik Mega Mendung yang merupakan pekerjaan batik yang dilakukan oleh kaum pria.

Source https://batikhushblog.wordpress.com/tag/batik/ https://batikhushblog.wordpress.com/2016/03/28/desa-batik-trusmi/ http://www.batikhush.com/
Comments
Loading...