Seni Batik Cilacap

0 314

Seni Batik Cilacap

Seni pembuatan batik yang ada di wilayah Cilacap terletak di wilayah Maos kemudian berkembang ke wilayah lain seperti daerah Nusawungu dan juga beberapa daerah lain yang di Kabupaten Cilacap Timur. Menurut cerita yang berkembang batik tulis yang ada di wilayah Maos ini merupakan kesenian yang dibawa oleh para pengikut Pangeran Diponegoro dan sejak saat itu seni membuat batik di wilayah ini terus berkembang dan semakin dikenal oleh masyarakat luas sebagai motif batik yang menjadi ciri dari daerah Maos.

Produk kain batik dari daerah Cilacap saat ini sudah cukup memiliki nama baik di dalam wilayah Indonesia dan juga dibeberapa negara tetangga. Batik dari wilayah Cilacap ini memiliki ciri khas dalam pilihan warna yang dipakai oleh para seniman batik di kota ini yaitu menggunakan warna coklat, hitam dan juga putih. Motif batik kota ini juga banyak memakai warna yang cukup berani seperti warna biru dan juga kuning.

Motif batik yang menjadi andalan para seniman batik di kota ini adalah motif batik yang memperlihatkan berbagai bentuk yang ada di sekitar wilayah kabupaten Cilacap seperti berbagai tumbuhan dan juga binatang. Potensi batik yang dimiliki oleh kota ini sangat besar dan telah menjadi tambahan bagi keindahan motif bangsa Indonesia. Untuk dapat membuat batik tetap menjadi primadona dan juga menjadi busana pilihan masyarakat Indonesia diperlukan suatu usaha yang keras dan tentu saja butuh dukungan dari berbagai pihak seperti pemerintah dan juga masyarakat Indonesia. Dukungan dari pemerintah merupakan suatu hal yang sangat penting, sehingga batik Indonesia dapat dikenal lebih jauh oleh masyarakat dunia dengan mengikuti berbagai pameran yang ada di seluruh dunia.

Source Seni Batik Cilacap Batik
Comments
Loading...