Seni Batik Brebes

0 298

Seni Batik Brebes

Motif Batik Brebes merupakan salah satu kekayaan seni dan budaya yang dimiliki oleh masyarakat kota Brebes. Bahkan seni dan juga kain batik telah menjadi komoditas yang dapat memberikan tambahan pendapatan dan peningkatan ekonomi bagi masyarakat di desa Bentar Kecamatan Salem ini. Batik Brebesan ini secara bertahap terus melakukan berbagai pengembangan untuk dapat memperoleh pasar yang cukup besar dalam industri batik nasional maupun juga di pasar mancanegara. Berbagai peperangan yang terjadi beberapa abad lalu di Pulau Jawa merupakan sebuah penyebab seni khas batik ini menjadi tersebar di berbagai wilayah di Pulau Jawa.

Seni pembuatan batik di daerah Salem, kemudian mulai berkembang dan dikenal orang hingga saat ini. Industri batik tersebut kemudian juga tumbuh di beberapa desa yang berada di dekat desa Salem tersebut. Masyarakat Salem saat ini telah berhasil menciptakan berbagai jenis motif batik yang beberapa diantara motif batik tersebut bernama Motif Batik Kopi Pecah Motif Batik Manggar, dan juga Motif Batik Ukel yang memiliki warna hitam dan juga warna putih.

Seni batik yang diproduksi di daerah Salem ini telah berhasil memasuki pasar nasional Indonesia dan telah mendapatkan banyak pesanan dari berbagai wilayah nusantara. Namun para seniman batik di wilayah ini masih terus melakukan pengembangan dalam motif batik khas mereka. Motif batik lainnya yang juga muncul dari daerah Brebes ini adalah Motif Batik Cicak dan Buaya.

Source Seni Batik Brebes Batik
Comments
Loading...