Seni Batik Bondowoso

0 109

Seni Batik Bondowoso

Seni Batik Bondowoso mulai bergerak beberapa tahun belakangan ini dan pembuatan batik di kota ini pada masa dahulu hanya dilakukan oleh perorangan dan bukan berupa sebuah industri seperti saat ini. Pembuatan batik di daerah ini tidak memiliki catatan sejarah karena pada masa lalu pembuatan batik di daerah ini tidak besar. Motif Batik yang dibuat oleh masyarakat Bondowoso memiliki ciri tersendiri dan juga jenis Motif Batik yang beda dengan batik kota lainnya.

Motif Batik ini banyak yang menyebut dengan nama Batik Singkong Maesan dan juga dengan sebutan batik Sumbersari. Motif Batik yang menggambarkan bentuk daun singkong dan juga bentuk tembakau ini merupakan cerminan dari kehidupan masyarakat Bondowoso yang kebanyakan mendapatkan penghasilan dari dua benda tersebut. Masyarakat daerah Bondowoso ini banyak yang bertani tembakau dan juga merupakan penghasil tape yang berasal dari singkong. Hal inilah yang menyebabkan Motif Batik dengan bentuk singkong dan tembakau adalah batik yang menjadi ciri bagi daerah ini. Kedua motif baju batik ini memiliki keindahan dan juga bentuk yang menarik dengan cara mereka masing masing sehingga membuat batik ini menjadi semakin kaya akan motif yang bagus dan juga unik.

Masyarakat yang berada di daerah Sumbersari, Bondowoso ini adalah tempat di mana para seniman batik menciptakan Motif Batik ini. Walaupun batik di daerah ini baru muncul pada tahun seribu sembilan ratus delapan puluh lima. Motif Batik yang dibuat oleh masyarakat Bondowoso memiliki bentuk motif yang cukup beragam, bahkan saat ini telah banyak tercipta Motif Batik dengan aliran kontemporer dan juga Motif Batik Modern.

Source Seni Batik Bondowoso Batik
Comments
Loading...