Seni Batik Blitar

0 221

Seni Batik Blitar

Seni batik kembali menjadi milik Kabupaten Blitar pada tanggal 5 februari 2012 dan dalam tanggal ini menjadi sejarah penting dalam kehidupan seni batik yang ada di Kabupaten Blitar setelah motif batik ini menghilang selama sekitar seratus sepuluh tahun dari daerah asalnya ini. Berbagai macam bentuk motif batik yang mengandung simbol pada kain batik tutur ini merupakan motif batik yang mengandung nilai luhur yang sangat patut menjadi teladan kita sebagai umat manusia. Misalnya Motif Batik Tutur merupakan motif batik yang diperoleh dari penggalian sejarah budaya masyarakat Blitar dan saat ini terus dikembangkan dengan berbagai macam bentuk motif dan juga pola sehingga tidak kalah saing dengan Motif Batik Modern.

Awalnya motif batik khas dari Kabupaten Blitar hanya diketahui berdasarkan sebuah informasi yang terkandung pada foto hitam putih yang ada pada arsip kuno zaman penjajahan Belanda yang memperlihatkan motif batik khas yang berasal dari kota Blitar. Berdasarkan informasi yang sangat sedikit tersebut para seniman dan juga ahli sejarah di kota Blitar ini terus melakukan penggalian informasi mengenai seni batik di daerah Blitar ini pada masa lalu. Para peneliti tersebut juga memiliki keyakinan bahwa salah satu motif batik khas dari kota Blitar tersebut masih ada dan tersimpan dengan baik di salah satu museum yang ada di negara Belanda.

Hingga akhirnya ditemukan lah motif batik khas Kabupaten Blitar di sebuah museum yang bernama Leiden di Belanda. Berdasarkan motif batik tersebut seni batik di daerah Blitar ini kembali menemukan jati dirinya dan kemudian para seniman batik di daerah ini melakukan berbagai macam pengembangan dan juga pembuatan motif batik yang membuat seni batik Blitar ini kembali dikenal secara luas di negara kita ini dan juga diharapkan dapat dikenal secara luas di berbagai belahan bumi ini.

Source Seni Batik Blitar Batik
Comments
Loading...