Seni Batik Banyuwangi

0 290

Seni Batik Banyuwangi

Seni batik sudah sangat terkenal dan beberapa kota yang sangat terkenal dengan kesenian baju batik ini adalah kota Solo dan juga kota Pekalongan yang terdapat di wilayah Jawa Tengah. Selain itu juga masih ada kota Yogyakarta yang juga sangat terkenal dengan keindahan motif batik nya. Walaupun ketiga kota ini disebut menguasai kerajinan batik di Indonesia namun sebenarnya seni batik di Indonesia ini dapat kita jumpai di berbagai tempat dan juga wilayah. Salah satu kota yang juga membuat batik di wilayah Jawa Timur adalah kota Banyuwangi.

Kota Banyumangi memiliki industri pembuatan berbagai model batik yang berkembang dengan baik. Memang seni batik dari kota ini belum terlalu dikenal luas seperti yang ada di daerah Solo, Jogja dan juga Pekalongan. Seni batik di daerah Banyuwangi ini memiliki ciri tersendiri dalam seni batik mereka. Motif batik yang dikenal oleh mereka adalah Motif Batik Gajah Uling. Bentuk Gajah Uling ini dapat disebut sebagai bentuk dasar dari kesenian baju batik yang ada di daerah Banyuwangi.

Selain memiliki bentuk utama Gajah Uling ini seni batik di daerah banyuwangi ini juga menggunakan berbagai macam bentuk dalam ragam hias motif baju batik nya. Beberapa bentuk yang sering kita jumpai pada motif batik Banyuwangi adalah bentuk kupu-kupu, suluran, dan juga bentuk manggar. Bentuk tersebut merupakan bentuk yang menjadi konsep utama dari motif baju batik gajah uling. Sehingga apabila ada motif batik yang memiliki berbagai macam unsur bentuk tersebut maka dapat dikenal bahwa batik tersebut merupakan batik yang menjadi ciri khas kota banyuwangi.

Source Seni Batik Banyuwangi Batik
Comments
Loading...