Seni Batik Banjarnegara

0 114

Seni Batik Banjarnegara

Motif Batik Gumelem merupakan seni batik yang telah berkembang di daerah Banjarnegara dalam waktu yang sangat lama. Sampai saat ini belum ada penelitian untuk mengetahui mengenai asal mula kesenian batik di Banjar negara ini namun menurut beberapa cerita rakyat yang ada diketahui bahwa seni batik ini bermula pada sekitar tahun 1800an. Pada masa tersebut banyak keluarga kerajaan yang berpindah tempat dan salah satu nya adalah pangeran Puger yang membawa banyak pengikutnya.

Najendra merupakan salah satu orang yang mengikuti pangeran tersebut. Beliau yang kemudian menjadi seorang yang mengembangkan kesenian batik celup di daerah ini, tepatnya di daerah Sokaraja. Dengan begitu di daerah yang baru ini kemudian para seniman batik tersebut mulai mengembangkan kesenian batik jenis baru milik mereka yang kemudian membuat munculnya batik yang dikenal dengan nama batik Gumelem.

Batik Gumelem sempat mengalami masa kejayaan yang kemudian mulai menghilang seiring dengan krisis politik yang terjadi di wilayah tersebut dan juga di wilayah Surakarta. Peristiwa ini terjadi pada sekitar tahun 1965. Batik Gumelem ini memang salah satu jenis baju batik yang ada di Indonesia walaupun seni batik ini belum terlalu dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Seni batik ini telah memiliki cukup banyak dalam hal jumlah seniman dan juga pembuatan batik di kota ini telah dibuat di tiga desa berbeda. Motif Batik Gumelem merupakan jenis Batik Tulis yang masih dibuat seperti masa lalu dan sesuai dengan aturan yang pembuatan batik.

Motif Batik yang ada di Banjarnegara pada umumnya dibuat menggunakan warna coklat, kemudian kuning dan juga warna hitam. Motif Batik yang sering dijumpai adalah motif baju batik yang menggambarkan bentuk bunga, kemudian Motif Batik Kawung dan juga Motif Batik Parang yang merupakan motif yang dibuat oleh seniman daerah ini. Untuk pusat seni batik di daerah ini telah ada di daerah Desa Gumelem yang memiliki lokasi cukup dekat dengan daerah Banyumas.

Source Seni Batik Banjarnegara Batik
Comments
Loading...