Seni Batik Bandung

0 70

Seni Batik Bandung

Sekarang ini seni membuat batik telah tersebar dan hampir dapat ditemui di setiap sudut pulau Jawa, bahkan juga ada di beberapa daerah yang berada di luar pulau jawa. Daerah tersebut bahkan telah memiliki beberapa motif batik yang dapat diandalkan dan menjadi motif batik yang berasal dari kota mereka. Setiap daerah memiliki motif baju batik mereka sendiri dan salah satu daerah yang memiliki motif batik yang khas adalah daerah Bandung. Seni batik yang berasal dari Bandung ini memiliki beberapa motif batik yang cukup khas yang salah satunya adalah motif batik yang memiliki berbagai macam unsur-unsur yang ada di daerah Bandung Barat.

Salah satu motif yang termasuk dalam kategori tersebut adalah motif batik yang memperlihatkan berbagai sayur-sayuran dan juga bentuk buah-buahan segar. Motif batik ini memang cukup unik karena pada umumnya sayuran dan juga buah adalah benda yang dimakan, tetapi di tangan terampil para seniman batik di kota ini berbagai macam bentuk sayur dan juga buah unik tersebut dibuat menjadi motif batik yang indah. Pusat kerajinan yang membuat motif batik buah dan sayuran ini adalah rumah batik Lembang. Rumah batik Lembang ini telah membuat berbagai motif batik dengan menggunakan ide dasar dari bentuk sayuran dan juga buah.

Beberapa bentuk buah dan juga sayuran segar yang telah mereka ubah menjadi motif dan juga pola baju batik diantaranya adalah bentuk paprika, bentuk jagung, pepaya, tomat, pisang, wortel dan beberapa bentuk buah dan sayuran lainnya. Rumah batik ini dapat kita temukan berada di jalan Maribaya yang berada di desa kayu ambon, kecamatan Lembang. Motif batik yang menggunakan bentuk buah ini proses pembuatannya sama seperti pembuatan motif batik lainnya yaitu menggunakan teknik tulis yang memanfaatkan canting dan juga malam.

Source http://bibolbatik.blogspot.co.id/ http://bibolbatik.blogspot.co.id/2015/11/motif-batik-buah-dan-sayuran.html
Comments
Loading...