Seminar Batik Banyumas

0 606

Seminar Batik Banyumas

Batik Banyumasan sekarang mulai dikembangkan dan juga diharapkan dapat menjadi andalan pariwisata di wilayah Banyumas. Seni Batik khas Banyumas ini diharapkan setiap wisatawan yang datang ke daerah Banyumas ini akan membeli kain dan juga baju batik khas kota ini. Dalam rangka meningkatkan pengenalan masyarakat terhadap batik khas Kota Banyumas ini, maka diadakan beberapa acara yang salah satunya adalah dengan mengadakan berbagai seminar mengenai batik seperti yang dilakukan oleh Fakultas Seni Budaya dari Unsoed. Program ini dilaksanakan dengan dukungan dari pemerintah daerah tersebut. Batik khas Banyumas ini memiliki ciri khas dari bentuk pola dan juga warna yang tidak dimiliki oleh batik lain.

Batik ini memiliki makna yang cukup dalam dan juga merupakan sebuah seni yang sangat kaya dan memiliki ragam jenis motif batik yang berasal dari berbagai tempat di nusantara. Batik Banyumas juga merupakan salah satu kota yang memiliki motif batik yang khas di Indonesia. Seminar yang diselenggarakan ini dibuka langsung oleh Bupati Banyumas yang juga menampilkan seorang pembicara ahli mengenai batik dari University of Fukui. Pembicara tersebut adalah Prof. Susumo Yonezawa, Prof Shin Shin Ichirou Suge dan Prof Kouji Nakane.

Hasil gambar untuk seminar batik banyumas

Para pembicara ini terkenal dengan pengetahuan mereka mengenai batik. Dalam acara seminar tersebut diungkapkan paling tidak ada empat buah hal yang paling penting dalam proses peningkatan seni batik. Pertama adalah memilih bahan dasar batik yang paling baik, pemberian warna yang dilakukan dengan melakukan penelitian terlebih dahulu sehingga memperoleh hasil yang terbaik, menggunakan jenis warna baru yang dapat memperluas jenis warna dan juga melakukan pengembangan dalam teknologi canting sehingga dapat membuat proses produksi lebih cepat selesai. Seminar ini dihadiri oleh para akademisi, seniman batik, dan juga para pengusaha batik di daerah Banyumas ini. Seminar ini dibahas tentang warna Batik Banyumas, yang membahas mengenai proses pemberian warna tekstil yang menggunakan basis teknologi serta membahas langkah awal dalam membangun kerja sama dalam hal industri batik yang ada di wilayah Banyumas ini.

Source Seminar Batik Banyumas Batik
Comments
Loading...