Sembung Batik

0 239

Sembung Batik

Perajin batik yang ada di Kecamatan Lendah terus mengalami penurunan, namun Desa Gulurejo dan Ngentakrejo, Lendah tetap dikenal sebagai sentra kerajinan batik di Kulonprogo. Setidaknya terdapat belasan hingga 20-an perajin batik di wilayah tersebut. Batik yang diproduksi sangat beraneka ragam, mulai dari Motif Batik Klasik hingga Geblek Renteng yang menjadi khas Kabupaten Kulonprogo. Harga yang dibanderol memiliki kisaran mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah,

Setelah puluhan tahun bekerja menjadi buruh batik di sebuah perushaan batik di Kota Yogyakarta. Kang Girin, pada tahun 2008 lalu memutuskan untuk merintis usaha sendiri di kampung halamannya. Dusun Sembungan, Desa Gulurejo, Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta. Berbekal segudang ilmu membatik, Kang Girin memberanikan diri mengolah aneka batik motif klasik menjadi batik motif campursari atau batik kreatif. Bahkan ia kemudian mencoba mengembangkan Motif Batik Pulo, Kontemporer, hingga Batik Abstrak. Kang Girin merupakan salah satu pemilik dari Sembung Batik Galery.

Sembung Batik merupakan salah satu sentra produksi batik yang ada di dusun Sembungan, desa Gulurejo, Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo. Sembung Batik memproduksi berbagai macam jenis batik. antara lain batik tulis, batik cap, serta kombinasi dari kedua batik tersebut. Bahan pewarnaan yang digunakan juga beragam, mulai dari pewarnaan alami sampai pewarnaan buatan. Sembung Batik ini memiliki kekhususan antara lain adalah setiap lembar kain memiliki 3 macam motif berbeda, serta setiap kain akan memiliki motif batik yang tidak sama. Sebagai gambaran kain 1000 lembar akan memiliki corak batik 1000 lembar pula. Sehingga kain yang sati dengan kain yang lain akan mempunyai motif batik yang berbeda.

Source Sembung Batik Batik
Comments
Loading...