Semangat Surabaya Menciptakan Motif Motif Batik Baru Yang ‘Suroboyo’

0 12

Semangat Surabaya Menciptakan Motif Motif Batik Baru Yang ‘Suroboyo’

Nusantara memiliki kekayaan batik yang beragam dari berbagai daerah. Berbagai daerah pun berlomba-lomba menciptakan motif-motif batik baru yang mencerminkan daerahnya masing-masing.

Tak terkecuali kota Surabaya yang bersemangat mencari ide motif batik asli Suroboyo. Meski tak sepopuler batik Solo atau Pekalongan, perkembangan batik Surabaya dewasa ini akan mampu mendongkrak usaha batik di Kota Surabaya.

Dulu, pembuatan batik dilakukan komunitas pembatik di tiap-tiap daerah di Kota Surabaya dengan corak khas masing-masing.

Tetapi, berkat pelatihan yang diadakan Pemkot Surabaya, pembuatan batik sudah menyebar skala rumahan.

Seperti dilakukan Sri Hartatik, pembatik di RW V Wisma Kedung Asem Indah, Kelurahan Kedung Baruk, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya.

Ia mengungkapkan, sudah menguasai berbagai motif batik yang ada di Kota Surabaya. Mulai Batik Suro Boyo dan Batik Semanggi yang paling khas Kota Surabaya.

“Karena merupakan batik tulis, pola dari motif ini terus berkembang. Tidak ada pakemnya, karena kerajinan tangan jadi tiap kain akan berbeda satu sama lain,” urainya, pekan lalu.

Batik Suro Boyo, Batik Semanggi, menurutnya, kini sudah banyak dikuasai pembatik di Surabaya. Produksinya tidak selalu banyak. Bahkan, Tri membuatnya berdasarkan pesanan.

“Selain itu, 2015 oleh pak RW V saya didorong bikin batik dengan nama Kedung Asem. saat kampung membudidayakan buah naga. Pak RW minta nama batik jadi Bunakem (Buah Naga Kedung Asem),” tutur ibu empat anak ini.

Source http://surabaya.tribunnews.com http://surabaya.tribunnews.com/2018/11/04/semangat-surabaya-menciptakan-motif-motif-batik-baru-yang-suroboyo
Comments
Loading...