infobatik.id

Seluruh PNS di Majalengka Kenakan Batik

0 27

Seluruh PNS di Majalengka Kenakan Batik

Pegawai Negeri Sipil di semua organisasi perangkat daerah di Kabupaten Majalengka terkecuali anggota Satuan Polisi Pamong Praja mengenakan batik saat ke kantor sebagai upaya memperingati hari batik nasional, Jumat (2/10/2015). Di Kabupaten Majalengka menurut keterangan Asda 1 Bidang Kepegawaian Sanwasi, pengenaan baju batik bagi pegawai telah berlangsung sejak beberapa tahun lalu. Itu biasa dilakukan setiap Kamis dan Jumat. Sejumlah OPD bahkan telah memiliki seragam batiknya masing-masing, yang motif batiknya hampir sebagian besar berasal dari perajin batik Majalengka sendiri. “Pada hari batik ini kami pengedarkan surat himbauan ke seluruh OPD agar mereka semua mengenakan batik, meskipun sebetulnya setiap hari Jumat semua pegawaisudah terbiasa menggunakan baju batik,” ungkap Sanwasi.

Pada peringatan batik kali ini tidak hanya PNS namun juga anak-anak sekolah mulai SD hingga Sekolah lanjutan Tingkat Atas. Yang sebagian diantara sekolah sudah memiliki seragam batik sendiri. Motif-motif batik yang dikenakan semua sekolah cukup beragam. Menurut keterangan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Majalengka Agus Permana, pemerintah Kabupaten Majalengka sejak lama sudah mendorong perkembangan industri batik yang ditekuni sejumlah perajin di Majalengka.

Untuk mengembangkan batik ini, Dinas perindustrian juga bekerjasama dengan Dinas pendidikan agar ada muatan lokal membatik, agar kecintaan siswa terhadap batik semakin kuat, dan diharapkan kedepan selepas mereka keluar skolah mereka bisa menjadi perajin batik juga. Sekolah-sekolah yang sudah mulai memberlakukan mulok membatik diantaranya adalah SMP 1 Majalengka dan sejumlah SMK. Di sekolah-sekolah tersebut sudah mendatangkan instruktur ke sekoah, ada pula yang langsung magang di perajin. Beberapa siswa diantaranya ada yang sudha mahir membuat pola batik dan membatik sendiri.

Source http://www.pikiran-rakyat.com/ http://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2015/10/02/344647/seluruh-pns-di-majalengka-kenakan-batik
Comments
Loading...