Sekilas Batik Banyumas

0 102

Sekilas Batik Banyumas

Batik merupakan salah satu warisan budaya yang berasal dari negara Indonesia yang telah di akui oleh dunia. Tiap daerah di Indonesia memiliki jenis dan pola tersendiri, termasuk batik yang berasal dari Kabupaten Banyumas. Banyumas  sendiri terletak cukup jauh dari pantai sekitar kurang lebih 60 km dari pantai selatan dan 80 km dari pantai utara. Dalam perkembanganya pola Batik Banyumas mempunyai ciri pola batik tersendiri yang merupakan ciri batik pedalaman yaitu banyak terinpirasi motif  tumbuhan dan hewan yang sesuai dengan lingkunganya seperti hutan dan gunung.

Untuk proses pewarnaan pada Batik khas Banyumas banyak menggunakan warna tua (gelap) dengan gambar yang lugas dan tegas, seperti budaya masyarakat Banyumas itu sendiri. Untuk menemukan ciri khas Batik Banyumas bisa kita tilik ke wilayah Banyumas sendiri.

Ciri dari Motif Batik Banyumasan mempunyai warna, ciri dan motif motif tradisional serta klasik seperti Motif Jae Srimpang, Ayam Puger, Pring Sedapur, Gajah Nguling dan lain sebagainya.

Di dalam proses produksinya Batik Banyumas merupakan batik tulis serta cap dengan motif tradisional maupun modern dengan bahan dari katun maupun sutra yang ditenun sendiri dengan alat tenun bukan mesin (ATBM), sehingga batik tersebut mempunyai bahan dan pola, serta motif yang bener benar ciri khas Banyumasan.

Source https://simaksejenak.wordpress.com/ https://simaksejenak.wordpress.com/2013/01/14/sekilas-batik-banyumas/
Comments
Loading...