infobatik.id

Sejarah Singkat Batik Tubo, Ternate

0 14

Sejarah Batik Tubo

Sejak tahun 2010, masyarakat Maluku Utara mulai berkarya  menciptakan batik yang tidak kalah bagusnya dengan batik yang berasal dari Jawa. Prosesnya pun sama dengan batik pada umumnya, seperti menggunakan centing dan cap. Meski baru sekitar enam tahun diciptakannya batik Tubo – Ternate, saat ini banyak orang yang mencintai kain batik dari Maluku Utara ini.

“Malaku Utara punya batik, yaitu Tubo – Ternate. Pengambilan nama batik Tubo sendiri adalah berasal dari sebuah kampung di Ternate dimana batik Ternate tersebut pertama kali di buat. Warga Tubo Ternate awalnya membuat batik tersebut sejak tahun 2010 dan setelah berjalannya waktu ternyata banyak yang suka dengan batik  Tubo ini. Hal ini seperti dikutip oleh pengakuan Jun salah satu penjual batik Tubo dalam acara pameran Indonesian Inspiring Women Day (IIWD 2015) di Kelapa Gading Jakarta Utara pada Kamis 28 Mei 2015. Penjual batik Tubo tersebut menjelaskan bahwa proses pembuatan satu kain batik Tubo – Ternate hanya memakan waktu satu hari saja.

Ciri Khas Batik Tubo

Motif batik Tubo – Ternate ini berbeda dengan batik pada umumnya. Ciri khas dari batik Tubo – Ternate ini adalah adanya motif cengkeh, pala, peta Maluku Utara, kelapa, ikan dan karang serta kehidupan yang ada di Indonesia bagian Timur.

Warna-warna batik Tubo – Ternate pun beragam. Warna itu mulai dari warna hijau, merah, orange, kuning dan sebagainya. Dengan membeli kain yang berukuran 2 meter lebih, Anda bisa membuatnya menjadi dress cantik, bawahan ataupun atasan. Harganya pun sangat murah yakni mulai dari 250 ribu.

Source http://grosirbatiksolo226.blogspot.co.id http://grosirbatiksolo226.blogspot.co.id/p/batik-tubo-ternate.html
Comments
Loading...