Sejarah Singkat Batik Khas Situbondo

0 389

Sejarah Singkat Batik Khas Situbondo

Batik Situbondo merupakan kerajinan batik asli yang berasal dari Kabupaten Situbondo. Motif batik ini kebanyakan menggunakan motif kerang karena utara Kabupaten Situbondo ini terdapat pesisir. Sejarah batik  Situbondo telah ada sejak lama, banyak versi tentang keberadaan batik di Situbondo zaman dahulu. Mulai dari batik yang ada di Desa Selowogo, Kecamatan Bungatan, menurut penjelasan dari salah satu narasumber bahwa batik di Situbondo telah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

Batik di Kabupaten Situbondo sebenarnya sudah ada sejak tahun 1970 atau sebelumnya, hal ini dapat dibuktikan dengan peninggalan kain batik yang ada di Desa Peleyan Kecamatan Kapongan, namun lebih dikenal dengan cotto’an. Seiring dengan beberapa permasalahan yang terjadi, menyebabkan batik yang ada di Situbondo dengan motif seperti motif Madura mati suri. Perkembangan Batik Situbondo dimulai kembali pada tahun 1994 di Desa Selowogo Kecamatan Bungatan.

Penamaan batiknya cukup unik yaitu Batik Bujuk Lente yang diambil dari pendiri Desa Selowogo. Tetapi dalam perkembangannya mengalami pasang surut. Hal ini dikarenakan adanya krisis ekonomi, modal kurang, dan bencana alam yang memusnahkan semua aset-aset perbatikan di Selowogo. Waktu terus berjalan seiring dengan perkembangan seni batik, sekarang ada suatu keinginan yang kuat dari pengerajin Batik Lente untuk mengembangkan kembali potensi yang ada di wilayah Selowogo, maupun kesempatan untuk mengembangkan khasanah seni di Situbondo dengan memunculkan motif khas Situbondo.

Source Sejarah Singkat Batik Khas Situbondo Sejarah
Comments
Loading...