Sejarah Penciptaan Batik yang Mendunia

0 271

Sejarah Penciptaan Batik yang Mendunia

Sejarah tentang penciptaan batik sudah dimulai jauh sebelum kata “Indonesia” sendiri tercipta. Budaya teknik cetak Motif Batik tutup celup dengan menggunakan malam dari sarang lebah di atas kain sebenarnya tidak eksklusif terdapat di Indonesia, melainkan terbentang dari Mesir hingga kawasan Timur Tengah lainnya.

Sejarah batik di Indonesia mulai tumbuh dan berkembang semenjak adanya impor kain tenun dari India pada abad ke-17. Kain Eropa juga masuk ke Indonesia pada awal tahun 1815. Tetapi teori ini juga kurang kuat, mengingat motif-motif serupa motif batik sudah dapat kita temukan di relief-relief Candi Prambanan dan juga Candi Borobudur. Artinya, bangunan-bangunan yang sudah berdiri semenjak abad ke 8 ini sudah mempengaruhi motif batik yang ada hingga sekarang.

Dilihat dari sebuah tinjauan sejarah yang diterbitkan oleh Bataviaasche Genootchap Van Kunsten Wetwnschapen tahun 1912 dan bernama kitab Centini menyebutkan, pada zaman Pakubuwono V, sudah ada istilah batik dan pada waktu itu sudah terdapat motif-motif halus seperti gringsing, kawung, parang rusak dan lain-lain. Dalam kitab ini juga disebutkan bahwa canting sudah digunakan pada saat itu.

Dalam kesusastraan kuno dan pertengahan, sempat ditemukan pembahasan soal nyerat atau nitik yang diduga merupakan teknik menghias kain menggunakan malam. Kemudian, setelah keraton Kartasuro pindah ke Surakarta, muncullah istilah Mbatik dari Jarwo Dosok. Kata ini berasal dari gabungan kata “ngembat” dan “titik” yang berarti membuat titik.

Dari semua tinjauan literatur cukup terlihat bahwa teknik merintang warna dengan menggunakan malam ini memang berkembang dan maju di tanah Jawa, terutama Jawa Tengah. Perkara kemudian seluruh daerah di Nusantara memiliki batik sudah jelas akibat proses bergeraknya manusia dan bergeraknya kebudayaan yang ada bersama manusia-manusia tersebut. Dari teknik batik kemudian juga berkembang, mengikuti proses asimilasi budaya orang-orangnya. Inilah yang kemudian membuat batik menjadi begitu kaya dan beragam hingga terkenal diseluruh dunia.

Source Sejarah Penciptaan Batik yang Mendunia Batik
Comments
Loading...