Sejarah Peindustrian Batik Betawi

0 60

Sejarah Peindustrian Batik Betawi

Batik tidak selalu identik dengan sebuah kerajinan yang berasal dari Pulau Jawa saja. Namun kerajinan batik sudah menyebar ke luar Pulau Jawa salah satunya batik di Jakarta. Batik Jakarta memiliki corak yang khas yang mengangkat kebudayaan yang ada di Jakarta. Pada zaman dahulu tempat usaha pembuatan batik berkembang sangat pesat dan subur di tanah Betawi seperti di kawasan Karet Trengsin, Palmerah, Kebon Kacang, dan Bendungan Hilir yang merupakan daerah produksi batik yang sangat populer dan terkenal. Proses pembuatan batik pada dulunya dilakukan dirumah-rumah penduduk.

Karena industri batik yang berkembang pesat, pada waktu itu daerah Jakarta pernah mendirikan Koperasi Batik. Tetapi sayangnya, setelah masa berjalan pengoperasiannya cukup lama produksi kain Batik Betawi kian hari semakin menurun. Hal ini disebabkan karena pengembangan tata Kota Jakarta dan membuat daerah produksi batik ini tergusur oleh dibangunnya gedung-gedung perkantoran serta pusat perbelanjaan, sehingga membuat para pelaku produsen Batik Betawi rumahan harus memindahkan proses produksinya ke Kota Tangerang.

Usaha penyelamatan untuk melestarikan Batik Betawi pada awalnya terjadi sekitar tahun 1970 oleh Bapak Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin, dimana diterapkannya kain yang digunakan oleh None Jakarta pada saat itu harus menggunakan kain batik bermotif Tumpal atau Pucuk Rebungyang dipadu padankan dengan kebaya panjang khas Betawi. Motif Batik ini dipilih karena kepopulerannya, sehingga kini terus digunakan oleh None Jakarta serta dikenal sebagai Motif Batik Betawi.

Source Sejarah Peindustrian Batik Betawi Batik
Comments
Loading...