Sejarah Panjang Batik Khas Madiun

0 86

Sejarah Panjang Batik Khas Madiun

Semua tahu jika Madiun adalah daerah yang dianugeragi pemandangan yang cantik. Daerah ini dikelilingi oleh banyak perbukitan juga beberapa gunung seperti Gunung Wilis dan Gunung Lawu. Bukan cuma itu, Madiun juga dipagari oleh pegunungan Kendeng yang terletak dibagian utara. Kecantikan alam itulah yang pada akhirnya menjadi inspirasi bagi para pengrajin batik di daerah Madiun untuk menuangkan buah karyanya diselembar kain dan jadilah batik Madiun. batik yang tentu punya kekhasan tersendiri dan tesemat cantik untuk digunakan pada berbagai kesempatan.

Jika kamu menganggap kalau batik Madiun baru ada sejak beberapa tahun belakangan, berarti kamu benar-benar keliru. Sebab, batik Madiun ini bisa dibilang sudah memiliki cerita sejarah nan panjang. Batik madiun sudah eksis sejak jaman Kerajaan Mataram. Mengapa demikian? Sebab jika kita tilik sejarah, Madiun adalah salah satu daerah yang termasuk kedalam kekuasaan Kerajaan Mataram.

Ketika Kerajaan Mataram bubar, batik Madiun juga mengalami kesurutan. Sebelum akhirnya pada zaman Belanda kerajinan batik ini mulai menggeliat lagi. Hingga akhirnya pada tahun 1960 hingga 1980 menjadi tahun-tahun dimana batik ini mencapai puncak kejayaannya.

Source http://www.madiunae.id/ http://www.madiunae.id/kayanya-corak-batik-khas-madiun/
Comments
Loading...