Sejarah Nama Batik Tutur

0 272

Sejarah Nama Batik Tutur

Dilihat dari sejarahnya, Batik Tutur masih diperuntukkan sebatas penghias dinding ruangan saja, bagi orang yang berkedudukan sosial menengah ke atas. Setelah melalui kajian mendalam dari Dewan Kesenian Kabupaten Blitar (DKKB), yang dipimpin oleh Wima Bramantya, S.Si, Batik Afkomstig Uit Blitar, yang tersimpan dengan rapi di Museum Universitas Leiden di Belanda sejak Tahun 1902, digali dan dikembangkan baik itu dari sisi sejarah, filosofi dan kreatifitas seninya, dalam bentuk Batik Tutur pada 5 Februari 2012, yang artinya batik yang bercerita.

Nama Batik Tutur, sendiri berasal dari Ketua DKKB, Wima Bramantya S.Si, karena simbol-simbol di balik desain Batik Tutur ternyata mengandung nilai-nilai adiluhung yang harus diteladani oleh anak bangsa. Penggali nilai-nilai Luhut Batik Tutur dari kreatifitas desain dan motif, dilakukan oleh seniman Blitar, Eddy Dewa. sehingga bisa dikembangkan dalam bentuk dalam berbagai variasi batik turunan. Nama Tutur artinya Nasehat mengacu pada unsur-unsur yang tertuang dalam Batik Khas Blitar ini. Antar ornamen utama itu kemudian terhubung dengan unsur-unsur tertentu sehingga ada saling keterkaitan satu ornamen utama dengan yang lain dan membentuk sebuah alur cerita atau nasehat.

Tidak seperti Batik di Yogjakarta atau Pesisir Pantai Utara pada umumnya, yang lebih banyak bermain garis dan titik yang dihubung-hubungkan, Motif Batik Tutur lebih menonjolkan coretan titik, garis, serta sapuan canting yang mewujud pada sosok binatang dan pepohonan. Binatang yang berkelahi dan berkejar-kejaran atau tumbuhan yang memamerkan warna-warni keindahannya. Ornamen batik tutur seperti halnya kesenian wayang beber yang membentuk narasi yang akan memutar ulang peristiwa sosial yang terjadi saat itu. Para seniman mencipta goresannya sembari menyelipkan kritik yang ditujukan kepada penguasa bentukan kolonial. Termasuk para bendoro yang sewenang-wenang terhadap rakyat menjadi sasaran kritik.

Source Sejarah Nama Batik Tutur Batik
Comments
Loading...