infobatik.id

Sejarah Motif Batik Tasikmalaya

0 17

Sejarah Motif Batik Tasikmalaya

Kota Tasikmalaya merupakan salah satu kabupaten di propinsi Jawa Barat yang saat ini memiliki julukan Sang Mutiara dari Priangan Timur. Julukan tersebut muncul karena tasikmalaya kaya akan potensi alamnya yang begitu indah terletak di wilayah selatan jawa barat. Selain cirebon, pekalongan, solo dan Jogja, tasikmalaya juga memiliki batik yang biasa disebut batik tasikmalaya, juga tergolong pada batik priangan. Kata priangan merupakan sinonim dari parahyangan yang berarti negeri para dewa. Kota yang dijuluki juga sebagai kota santri ini memiliki sentra batik tasikmalaya di desa sukapura kecamatan sukaraja. Secara garis besar batik tasikmalaya memiliki motif batik yang cenderung memberikan kesan semangat kesederhanaan, terbuka, dan pluralis juga memperlihatkan kesan imut dan unyu selaras dengan citra umum wanita sunda.

Sejarah batik Tasikmalaya

Batik tulis mulai dikenal oleh masyarakat Tasikmalaya pada masa Kerajaan Tarumanegara. Hal tersebut diperkuat dengan jumlah populasi pohon tarum yang cukup banyak guna pembuatan batik pada masa itu. Wilayah Mangunreja, Sukapura, Maronjaya, Wurug, dan Tasikmalaya Kota terdapat jejak sejarah batik tasikmalaya karena memang merupakan area pemerintahan tarumanegara yang berpusat di Sukapura yang berada di pinggiran kota Tasikmalaya. Asal mula batik tasikmalaya adalah gelombang pengungsian penduduk dari wilayah jawa tengah karena terjadinya perang di wilayah tersebut hingga pada akhirnya budaya membatik dibawa sampai sekarang.

Pada masa kejayaannya menurut sejarah batik tasikmalaya, kota ini dijuluki sebagai sentra industri batik di wilayah selatan Jawa Barat. Saat ini masyarakat Tasikmalaya bangkit untuk mengulangi kejayaan masa lalu dengan menggeliatkan kembali produk batik tasikmalaya sebagai komoditi unggulan. Untuk sementara ini bahan baku untuk pembuatan batik tasikmalaya masih mengambil dari kota pekalongan.

Source https://batik-tulis.com https://batik-tulis.com/blog/batik-tasikmalaya/
Comments
Loading...