Sejarah Motif Batik Selakara dari Betawi

0 73

Batik betawi yang kita kenal saat ini yaitu jenis batik yang berasal dari wilayah jakarta. Jika kita merunut sejarah batik betawi dari mulai era VOC (perusahaan dagang belanda) yang dapat kita lihat melalui beberapa foto lawas, pada masa tersebut kota batavia atau saat ini lebih dikenal dengan nama jakarta yang merupakan akar budaya betawi, pernah berkembang usaha batik pada saat itu namun para pengusaha dan perajin batiknya berasal dari kota seperti pekalongan dan solo yang memang sudah dikenal sebagai penghasil batik.

Batik Betawi memiliki ciri khasnya sendiri, yaitu warnanya yang mencolok dan gambar-gambarnya yang menggambarkan tentang kebudayaan Betawi. Motif Batik Betawi juga banyak dipengaruhi oleh budaya Arab, India, Belanda, dan Cina.

Motif batik Salakanagara adalah motif yang mengangkat tema kerajaan pertama di Tanah Betawi yang didirikan oleh Aki Tirem pada tahun 130M. Nama Salakanegara sendiri berhubungan dengan kepercayaan warga saat itu yang menganggap bahwa Gunung Salak memiliki sebuah kekuatan yang besar.

Source https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/12/29/ini-nih-4-motif-batik-betawi-yang-unik-dan-cantik www.goodnewsfromindonesia.id
Comments
Loading...