Sejarah Motif Batik Malang

0 430

Sejarah Motif Batik Malang

Sejarah Batik Malang tidak ada yang mengungkap secara eksplisit tentang awal mula kemunculan batik serta budaya Batik Malang, namun jika merujuk pada berbagai macam kegiatan upacara tradisional pada abad ke XIX, akan banyak ditemui para pria dan wanita menggunakan medhang koro (hiasan kepala; udeng atau sewek) dengan Motif Batik Sidomukti. Jika dicermati bersama, bisa jadi kegiatan membatik ini merupakan budaya yang ditularkan oleh Kerajaan Mataram Kuno saat menguasai Kerajaan Singosari pada tahun 1222 M.

Batik Malang atau juga biasa disebut Batik Malangan mempunyai tiga ciri utama yaitu,

  • Motif Dasaran atau latar dari kain Batik Malang berupa motif batik dari Candi Badut (peninggalan Kerajaan Kanjuruhan 760 M).
  • Motif Isen-Isen berupa gambar Tugu Malang sebagai motif utama yang disanding oleh rambut singa berwarna putih sebagai lambang Kabupaten Malang.
  • Motif Hias Batik Malang berupa bagian boket (hiasan pinggiran kain batik) untuk tumpal (isen-isen pada pinggiran kain) yang berisi tiga buah sulur-sulur bunga (seringkali bunga teratai) yang membentuk pola rantai.

Motif Batik Malang yang di ketahui sekarang ini diantaranya adalah Motif Batik Malang Sawat Kembang Pring, Kucecwara, Celaket, Dele Kecer, Kembang Kopi, Teratai Singo, Kembang Juwet, Kembang Jeruk, Kembang Tanjung, Kembang Manggar, Kembang Mayang, dan Kembang Padma atau saat ini lebih dikenal dengan nama Bunga Teratai.

Source https://batik-tulis.com/blog/ https://batik-tulis.com/blog/batik-malang/ https://batik-tulis.com/blog/batik-yogyakarta/
Comments
Loading...