Sejarah Motif Batik Kalimantan

0 252

Sejarah Motif Batik Kalimantan

Sejarah motif batik kalimantan dan penjelasannya, kita mulai dari motif batiksasirangan yang pada dasarnya berasal dari Kalimantan Selatan, Batik Benang Bintik (Kalimantan Tengah), Batik Pontianak (Kalimantan Barat) serta Batik Shaho dari Kalimantan Timur. Seiring berkembangnya batik kalimantan, muncul beberapa motif batik yang baru seperti Bayam Raja, Naga Balimbur, Jajumputan, Turun Dayang, Daun Jaruju, dan motif batik Kambang Tanjung.

Secara umum batik Kalimantan mempunyai ragam warna yang lebih mencolok dan berani. Perpaduan warna yang dipakai menggunakan warna pastel seperti hijau, shocking, pink, oranye juga warna merah yang menjadi salah satu ciri khas kombinasi warna dari batik Kalimantan itu sendiri. Untuk motif batik batang garing, ternyata mempunyai filosofi sendiri dalam setiap guratan motif yang terbentuk yaitu sebagai perlambang sebuah pohon kehidupan bagi warga suku dayak, sedangkan motif batiksenjata Mandau yang memang merupakan senjata khas Dayak juga menjadi ciri khas sendiri atas dasar akar budaya dayak. Selain itu juga muncul motif baru yaitu motif batik burung enggau yang juga merupakan salah satu spesies burung asli Kalimantan.

Awal mulanya msyarakat kalimantan dalam membuat batik masih memanfaatkan serat binatang dan kapas sebagai bahan dasar untuk membuat kain, namun seiring perkembangan jaman dan semakin langkanya bahan tersebut maka masyarakat kalimantan mulai menggunakan bahan non kapas seperti sutera,rayon, polyester, dan lain-lain. Jika ditinjau dari cara pembuatan, batik Kalimantan dikerjakan seperti halnya cara pembuatan batik pada umumnya yaitu dengan menulis menggunakan lilin dan canting, juga melalui proses pewarnaan, pelorotan hingga proses pengeringan dengan dijemur dibawah atap terlindung matahari.

Source https://batik-tulis.com/ https://batik-tulis.com/blog/batik-kalimantan/
Comments
Loading...